Tertangkap, Komplotan Maling Kolor Ijo Diamuk Massa

Kamis, 08 Januari 2015 - 10:24 WIB
Tertangkap, Komplotan Maling Kolor Ijo Diamuk Massa
Tertangkap, Komplotan Maling Kolor Ijo Diamuk Massa
A A A
BUKITTINGGI - Seorang tersangka pelaku pencurian babak belur dihajar massa, saat akan mencuri di Komplek SMAN 4 Bukittinggi, dini hari tadi. Dari tubuh tersangka, warga menemukan obeng dan senjata tajam.

Kepada warga, tersangka mengaku memang akan mencuri. Namun tidak jadi, karena keburu ditangkap warga. Pelaku diduga merupakan komplotan maling berkedok kolor ijo yang sering beraksi mencuri di rumah-rumah warga dalam satu bulan terakhir.

Aksi komplotan kolor ijo di kawasan Panorma Baru dan Panganak, Kota Bukittinggi ini, hingga kini masih meresahkan warga.

Pelaku yang mengaku bernama Hasan (38), warga Payakumbuh, terlihat babak belur dihajar massa. Luka pelaku cukup parah di bagian kepala dan badan. Warga yang resah dengan aksi pelaku, langsung menghakiminya dengan emosi.

"Tadi sudah saya katakan, saya memang ada niat buruk bang, tapi tidak jadi saya lakukan, karena ketahuan warga. Nama saya Hasan, saya tak punya KTP," katanya dengan wajah lebam, Kamis (8/1/2015).

Pengakuan pelaku tidak meredam emosi warga, malahan warga makin emosi, hingga bertindak main hakim sendiri. Apalagi saat warga menemukan obeng dan senjata tajam yang disembunyikan pelaku.

Hamid, salah seorang pemuda setempat menyebutkan, penangkapan pelaku berawal saat warga menemukan sepeda motor Yamaha bernomor polisi BA 4181 MD yang diduga milik pelaku terparkir di kebun di pinggir jalan depan sekolah.

"Ketemu di ladang, pas kami ronda kontrol dia muncul. Sewaktu ditanya, dia jawab lihat-lihat kebun, kami curiga. Awalnya karena ada motor, selama sebulan ini di sini sering ada pencurian," ungkapnya.

Pelaku yang telah babak belur akhirnya ditelanjangi warga, dan digiring ke pos pemuda setempat. Sementara itu, untuk menghindari amuk warga yang lebih besar, Ketua RW setempat menyerahkan pelaku ke polisi.

Pihak kepolisian dari Polsek Bukittinggi yang datang ke lokasi mendapati pelaku telah babak belur. Dia terpaksa digotong dengan tandu, dan dibawa dengan ambulans menuju Rumah Sakit Ahmad Mukhtar, untuk mendapatkan perawatan medis.

Sementara sepeda motor milik pelaku diamankan ke Mapolsek Bukittinggi. Menurut warga, komplotan maling berkedok kolor ijo kerap mencuri di rumah-rumah warga dalam satu bulan belakangan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3324 seconds (0.1#10.140)