Apa Peran Djanur?

Kamis, 08 Januari 2015 - 09:57 WIB
Apa Peran Djanur?
Apa Peran Djanur?
A A A
BANDUNG - Emral Abus dipastikan jadi pelatih Persib Bandung saat tampil di kompetisi Asian Champions League (ACL) 2015.

Namun, muncul pertanyaan di manakah posisi Djadjang Nurdjaman. Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Zaenuri Hasyim mengatakan, posisi pelatih yang akrab disapa Djanur ini belum dapat diputuskan seperti dan sebagai apa. Sebab, diperlukan kajian mengingat aturan yang diterapkan Asian Football Confederation(AFC) terbilang ketat.

Berdasarkan aturan yang ditetapkan AFC di ajang ACL seperti yang tertuang dalam poin 37.1.5 tentang Dokumen Registrasi Ofisial disebutkan pelatih kepala minimal harus mengantongi lisensi A AFC, sedangkan untuk posisi asisten pelatih minimal berlisensi B AFC. Tentu saja dengan kondisi tersebut posisi Djanur di Persib menjadi sulit.

Meski sudah menjalani kursus kepelatihan untuk mendapatkan lisensi B AFC, namun hingga kini sertifikat lisensi B AFC tersebut belum resmi dikantongi. “Sampai saat ini belum kami bicarakan posisi Djadjang, teknisnya seperti apa nanti kami bahas dan pastikan. Karena kami juga mau tidak mau harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan AFC,” ujar Zaenuri kepada KORAN SINDO, kemarin.

Rencananya, PT PBB akan membahas lebih lanjut soal siapa saja yang nanti duduk di staf pelatih Maung Bandung, besok. Dalam pertemuan tersebut, juga rencananya akan dihadiri Emral Abus yang sudah ditunjuk menjadi pelatih kepala Persib khusus di ACL 2015. “Kami akan bahas teknisnya seperti apa.

Termasuk posisi Emral Abus. Nanti akan kami tanyakan dan pastikan kepada dia, apakah mau hanya menjadi pendamping saja secara adminitrasi?” jelas Zaenuri. “Karena pada dasarnya, kami juga inginnya Djadjang tetap menjadi pelatih. Selain sudah dekat dengan pemain, Djadjang juga otak dari permainan Persib. Secara administrasi kami inginnya seperti itu. Tapi teknis di lapangannya, itu nanti yang akan kami bahas,” sambungnya.

Dengan begitu, dia berharap permasalahan staf pelatih yang terjadi di Maung Bandung terutama dapat menemukan titik terang. Sehingga tak mempengaruhi terhadap permainan skuat Maung Bandung. Emral Abus didatangkan Persib atas rekomendasi Djanur. Selama ini Emral dikenal sebagai dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Univesitas Negeri Padang (UNP) itu.

Selain itu, dia juga kerap dipercaya jadi instruktur pelatih PSSI setiap digelar kursus kepelatihan dan telah mengantongi lisensi A AFC. Meski begitu pengalamannya di dunia kepelatihan sangat minim, bahkan belum pernah ada klub ISL yang pernah mengontraknya. Karena itu Emral di kalangan pelatih di Indonesia lebih dikenal sebagai sosok bapaknya para pelatih.

Emral pun cukup aktif di organisasi, saat ini dia masih tercatat sebagai pengurus Asprov PSSI Sumbar periode 2013-20018 dan anggota Exco Asosiasi PSSI Kota Padang periode 2014-2019.

Muhammad Ginanjar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1428 seconds (0.1#10.140)