Peresmian Edupark Terancam Molor

Rabu, 07 Januari 2015 - 09:20 WIB
Peresmian Edupark Terancam Molor
Peresmian Edupark Terancam Molor
A A A
KARANGANYAR - Penyelesaian pembangunan edupark di Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar terancam meleset dari target awal.

Konstruksi bangunan yang rumit menjadi kendala proyek dapat diresmikan saat hari pendidikan nasional (Hardiknas), Mei mendatang. Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Samsi mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan apakah pelaksanaannya dapat diselesaikan dengan cukup satu kali lelang.

Sesuai detail engineering design (DED) edupark , bangunan seluas 425 meter persegi ini akan didirikan di atas lahan seluas 6.000 meter persegi. Bangunan dengan satu lantai, nantinya akan dibuat ruangruang yang didesain khusus memamerkan objek edukasi dan permainan keluarga, seperti pesawat domestik dan keluarga.

Kemudian dipadukan dengan taman lalu lintas, lahan parkir, serta pengembangan areal edupark . Sehingga pihaknya tidak yakin proyek senilai Rp5 miliar itu bakal tuntas Mei nanti. “Target awal memang Mei, tapi bagaimana perkembangannya nanti,” kata Samsi saat meninjau lokasi yang akan dipakai untuk proyek edupark kemarin.

Mengenai model pengelolaan edupark , nanti akan dibahas kemudian. Berdasarkan jenis wahana berupa edukasi dan rekreasi, manajemen administrasinya akan diserahkan ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Kepala Disparbud Karanganyar Istar Yunianto mengungkapkan, pembangunan edupark telah disiapkan sejak tahun lalu dengan penyusunan DED.

Setelah itu, dilanjutkan penjajakan pengadaan bodi pesawat terbang dan helikopter yang akan dipajang. “Edupark disiapkan sebagai alternatif tempat rekreasi di wilayah Surakarta dan Jawa Tengah,” ucapnya.

Ary Wahyu Wibowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6892 seconds (0.1#10.140)