Butuh Tiga Minggu Identifikasi Jenazah Tak Lengkap

Senin, 05 Januari 2015 - 15:30 WIB
Butuh Tiga Minggu Identifikasi Jenazah Tak Lengkap
Butuh Tiga Minggu Identifikasi Jenazah Tak Lengkap
A A A
SURABAYA - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri menyebutkan butuh waktu sekira tiga minggu untuk mengidentifikasi jenazah penumpang pesawat AirAsia, yang kondisinya sudah tidak lengkap lagi.

Apalagi, jenazah tidak ada sidik jari dan tinggal kerangka. Namun, Polri memastikan seluruh jenazah yang telah ditemukan dan saat ini berada di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara, Polda Jatim, Surabaya, dijamin bakal teridentifikasi semua.

“Kami pastikan semua jenazah yang sudah ditemukan akan teridentifikasi. Tetapi, kami meminta waktu untuk menyelesaikan proses identifikasi ini,” ungkap Kapolri Jenderal Pol Sutarman, saat jumpa pers di Media Centre Polda Jatim, Surabaya, Senin (5/1/2015).

Sutarman menjelaskan, jika jenazah yang ditemukan sudah dalam kondisi tidak utuh. Apalagi tidak ada sidik jari dan tinggal kerangka, maka proses identifikasi akan membutuhkan waktu sekira 3 minggu.

“Kalau tinggal tulang, pertama bisa dikenali lewat giginya. Kemudian sampel DNA tulang dari jenazah tersebut. Tapi, kita butuh waktu. Saat ini kita sudah temukan data antemortem. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukan identifikasi pada jenazah,” tandas Sutarman.

Hingga saat ini, jumlah jenazah yang ada di RS Bhayangkara dan dalam proses identifikasi sebanyak 25 jasad.

Setelah sebelumnya tim DVI berhasil mengidentifikasi 9 jenazah dan sudah diserahkan pada keluarga duka untuk disemayamkan.

Sekarang Tim DVI Polri yang dibantu negara tetangga sedang melakukan pemeriksaan dan rapat rekonsiliasi untuk mengidentifikasi jenazah yang belum diketahui identitasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8518 seconds (0.1#10.140)