Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan

Senin, 05 Januari 2015 - 11:38 WIB
Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan
Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan
A A A
MEDAN - Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, meresmikan gedung baru Madrasah Aliyah Persiapan Negeri (MAPN) 4 Medan di Jalan Raya Griya Martubung, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (3/1).

Gedung baru ini memiliki tiga ruangan. Dengan peresmian gedung baru ini diharapkan proses belajar mengajar di MAPN 4 semakin lebih baik lagi, sehingga nantinya dapat menghasilkan lulusan cerdas, berkualitas, berkarakter, serta beriman.

Peresmian itu dilaksanakan usai upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke- 69 Tahun 2015 yang mengusung tema “Menegakkan Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan sebagai Budaya Kerja Kementerian Agama”. Sebelum meresmikan gedung, wali kota bertindak sebagai inspektur upacara dalam HAB tersebut.

Menurut Eldin, salah satu prioritas pembangunan kota saat ini adalah meningkatkan taraf pendidikan masyarakat. Melalui pendidikan diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat semakin baik, karena meningkatnya taraf pendidikan masyarakat tidak semata-mata hanya kuantitas tetapi juga dari segi kualitas.

“Untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, tentunya harus didukung sarana dan prasarana yang memadai, khususnya untuk mendukung proses belajar mengajar, salah satunya kualitas gedung serta fasilitas pendukung lainnya. Untuk itulah saya sangat menyambut baik atas peresmian tiga ruangan baru ini,” kata Eldin.

Mantan Sekda Kota Medan ini berharap MAPN 4 yang berbasis pendidikan agama dapat memberikan kontribusi terhadap lahirnya generasi bangsa bukan hanya pintar dan berkualitas secara intelektual tetapi juga memiliki akhlak agama yang baik. Kemudian mampu menerapkan pendidikan berkarakter, memberikan dasar-dasar ke arah perkembangan jiwa dan sikap dan ilmu keterampilam, serta keimanan yang akan melahirkan daya cipta kreasi bagi para siswa.

Saat menjadi inspektur upacara, Eldin dalam arahannya membacakan sambutan ter-tulis Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, yang di antaranya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di daerah agar senantiasa meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, birokrasi harus siap menjalankan revolusi mental yang telah dicanangkan Presiden. Perilaku dan budaya kerja yang tidak dikehendaki dan disukai masyarakat harus ditinggalkan dalam melayani masyarakat. Jangan sekalisekali mempersulit hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana,” ujar Eldin menyampaikan pesan Menteri Agama.

Upacara HAB juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden kepada 50 orang guru di bawah naungan Kementerian Agama Kota Medan yang selama ini telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran dan disiplin dalam waktu 30 tahun masa bakti, 20 tahun masa bakti, dan sepuluh tahun masa bakti.

Penghargaan Satya Lencana Karya Satya ini diserahkan wali kota. Sementara itu, Kepala MAPN 4 Medan, Yose Rizal, mengatakan, gedung sekolah yang diresmikan memiliki tiga ruang kelas. Dengan peresmian ini MAPN 4 sekarang memiliki 14 kelas.

Sebelumnya hanya 11 kelas yang digunakan untuk menampung sekitar 480 siswa. “Tentunya dengan pertambahan kelas ini proses belajar mengajar semakin efektif, karena masing-masing kelas menampung 34 siswa sehingga murid lebih efektif menerima materi pelajaran dari para guru,” ungkap Yose Rizal.

Saat ini sekolah yang dipimpinnya masih berstatus persiapan untuk menjadi sekolah negeri. Dia berharap perubahan status itu secepatnya terealisasi, karena pihak Kementerian Agama telah berulang kali melakukan peninjauan. “Kami berharap perubahan status ini dapat terwujud tahun ini,” harapnya.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1598 seconds (0.1#10.140)