Malam Tahun Baru Terpusat di Dago

Rabu, 31 Desember 2014 - 09:54 WIB
Malam Tahun Baru Terpusat di Dago
Malam Tahun Baru Terpusat di Dago
A A A
BANDUNG - Ribuan warga diprediksi akan tumpah ruah di sejumlah titik saat perayaan malam Tahun Baru 2015, hari ini.

Bahkan, sejumlah titik keramaian sudah diprediksi akan menjadi tempat berkumpulnya massa dan kendaraan. Di Kota Bandung, pusat perayaan malam Tahun Baru 2015 akan berada di kawasan Jalan Ir H Djuanda (Dago). Di lokasi ini, Pemerintah Kota Bandung telah menyediakan sejumlah rangkaian acara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Herlan JS mengatakan, kawasan Dago akan menjadi pusat lokasi perayaan malam Tahun Baru. Dilokasi ini akan tersedia sejumlah kegiatan hiburan, musik, kuliner dan pesta kembang api.

Menurut dia, pemusatan lokasi perayaan malam Tahun Baru di Kota Bandung dilakukan untuk meminimalisir konvoi kendaraan yang dilakukan warga. Dia menjelaskan, rangkaian acara pergantian Tahun Baru akan dimulai sejak pukul 08.00 hingga 00-00 WIB. Dia mengungkapkan, sejak pagi hari (hari ini), Pemkot Bandung akan menggelar syukuran Taman Alun-Alun Bandung bersama siswa pelajar usia dini (Paud).

Kemudian, kata dia, pada pukul 12.00, Jalan Ir H Djuanda akan ditutup untuk memulai rangkaian acara dan kegiatan kuliner. Setelah itu, pada pukul 14.00 WIB akan dilakukan peluncuran buku. Selanjutnya pada pukul 15.45 WIB akan dilangsungkan pemberian penghargaan kepada para pengusaha taxi dan sopir, peluncuran batik dan pengenalan polisi pariwisata.

“Ja lan Dago akan ditutup dari Hotel Geulis di Jalan Teuku Umar sampai Taman Cikapayang. Lokasi ini akan menjadi pusat ku liner. Nanti ada 100 tenant ma kanan yang tersedia,” ucap Herlan. Dia menyebutkan, di lokasi tersebut akan disediakan 2 pang gung utama yang berada di depan Hotel Geulis dan satu lagi di dekat Taman Cikapayang.

Sebagai puncak malam Tahun Baru, rencananya akan digelar pesta kembang api dengan durasi kurang lebih 30 menit. Menurut dia anggaran untuk perayaan kembang api berasal dari urunan warga. “Walaupun tidak semeriah seperti HUT Bandung, tapi mudah-mudahan pesta kembang api ini bisa ikut memeriahkan malam pergantian tahun di Bandung,” ucapnya.

Selain di Dago, Herlan juga mengatakan, ada puluhan hotel dan restoran yang mengajukan izin untuk menggelar acara perayaan tahun baru. Dengan begitu pusat-pusat keramaian akan terbagi di sejumlah titik. Namun pusat keramaian yang digelar Pemkot Bandung berada di Dago.

Untuk mengantisipasi timbulnya sampah, Herlan mengaku, telah berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Kebersihan dan Bandung Clean Action untuk membantu masalah kebersihan.

“Kita sudah koordinasi de ngan PD Kebersihan. Terus kita juga melibatkan relawan dari Bandung Clean action,” ucapnya. Sementara untuk kantung- kantung parkir Herlan menyebutkan akan ditempatkan di kawasan Jalan Dipatiukur, di Perusahaan Daerah Air Minum, dan dikawasan Jalan Ganeca ITB.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pergantian malam Tahun Baru akan diisi dengan kegiatan istigasah di Alun-alun Kota Bandung. “Kalau di Alun-alun Bandung, pagi harinya ada pembukaan Taman Alun-alun. Malam harinya bada Isya digelar istigashah. Nah pas malem pergantian tahun di Dago,”ujar Emil.

Menurut Emil, acara hiburan akan dipusatkan di kawasan Dago. Sejumlah panggung juga akan disiapkan di kawasan tersebut. Sederet artis kata Emil dijadwalkan akan tampil menjadi pengisi acara untuk menghibur warga Bandung. “Kalau di Dago ada D Bagindas, Armada Band dan Cakra Khan,” ucap Emil Untuk mengantisipaai dampak kemacetan yang terjadi, Emil meminta kepada warga untuk mengurangi kendaraan pribadi.

Pasalnya diprediksi warga Bandung akan memenuhi pusat pusat keramaian.” Kalau bisa mah datangnya rombongan. Pemkot juga sudah berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung untuk membahas titik titik parkir kendaraan dan pengalihan arus lalu lintas,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan memprediksi penumpukan kendaraan dan massa saat ma lam Tahun Baru 2015 akan terjadi di wilayah Bogor, Cianjur, dan Bandung. Untuk mengantisipasi kondisi di lapangan sekitar 21.000 personel akan diturunkan.

“Analisa sementara akan terjadi penumpukan orang, konsentrasi massa di Bogor dan Cianjur dimana puncak, Cisarua dan Cipanas akan ada penumpukan, begitupun juga di wilayah Bandung, dan lainnya terjadi di wilayah kota di Jabar,” ujarnya Kapolda.

Dia menjelaskan, khusus di wilayah puncak, pihaknya akan melakukan buka tutup jalur baik jalur naik maupun turun sesuai dengan volume kendaraan yang ada. Selain itu pihaknya pun telah membagi dan menempatkan beberapa pejabat uta manya yang akan bertanggung jawab untuk mengurai kemacetan ataupun melakukan pengamanan di wilayah tersebut. “ Hal itu dilakukan untuk bisa melayani masyarakat dalam pergantian tahun baru 2015,” tuturnya.

Selain di puncak, Bogor, penumpukan kendaraan dan massa juga diprediksi akan terjadi di Kota Bandung. Untuk mengantisipasi hal tersebut, personel lapangan Polda Jabar akan membantu Polrestabes Bandung dalam melakukan pengamanan pergantian Tahun Baru. “Dan tempat-tempat tertentu juga kita jaga maksimal seperti tempat berkumpulnuya keramaian massa,” tandasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polrestabes Bandung AKBP Dhafi menuturkan, pihaknya telah mempersiapakan sekitar 3.754 personel guna melakukan pengamanan pergantian tahun 2015 di Kota Bandung. Para personel ini terbagi di beberapa pos pengamanan dan sebagian lagi berada di gereja yang masih melakukan kegiatan. Dia mengungkapkan, ada tujuh lokasi menjadi perhatian Polrestabes Bandung dalam hal pengamanan jelang pergantian tahun di Kota Bandung.

Ketujuh lokasi ini dinilai memiliki potensi penumpukan kendaraan dan kerumunan masyrakat, seperti di wilayah Dago, Cikapayang, Jembatan Pasopati, Gasibu, Asia Afrika, Gatot Subroto, dan Ujung Berung.

M Solehudin / Dian Rosadi/ Agie Permadi/ Erika Lia
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3144 seconds (0.1#10.140)