5.600 Mahasiswa UMY Terlayani Asuransi

Selasa, 30 Desember 2014 - 11:08 WIB
5.600 Mahasiswa UMY...
5.600 Mahasiswa UMY Terlayani Asuransi
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memulai program jaminan asuransi kecelakaan diri bagi mahasiswanya.

Untuk tahap awal, asuransi tersebut hanya akan melayani mahasiswa UMY angkatan 2014 yang berjumlah 5.600 orang. “Program pemberian asuransi ini merupakan upaya UMY untuk menjamin keselamatan para mahasiswa. Mahasiswa diharapkan dapat lebih tenang belajar menempuh pendidikan di UMY dan orang tua mereka di rumah juga tenang menitipkan anak mereka di UMY,” kata Rektor UMY Prof Dr Bambang Cipto MA kemarin.

Usai menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pihak asuransi Bumiputera Muda (Bumida), Bambang menuturkan program asuransi tersebut akan berlaku bagi mahasiswa UMY angkatan berikutnya juga. Untuk mahasiswa yang angkatannya di atas 2014 tidak akan memperoleh asuransi. Asuransi kecelakaan diri tersebut akan menjangkau semua kejadian kecelakaan dan santunan kematian akibat kecelakaan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMY Sri Atmaja menambahkan, premi asuransi akan dibebankan pada mahasiswa yang dapat dibayar bersamaan dengan pembayaran SPP. Menurutnya, premi yang dibebankan tidak memberatkan karena dibayar 1 kali setahun. “Tak hanya asuransi kecelakaan diri, mahasiswa UMY juga sudah memiliki dana sehat Muhammadiyah sebagai jaminan untuk kesehatan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Marketing Bumida M Basrie mengatakan program pemberian asuransi bagi mahasiswa yang mereka kerja samakan dengan tingkat universitas baru dengan UMY. Sebelumnya, kerja sama pemberian asuransi mereka lakukan dengan tingkatan fakultas seperti di ITB dan UI. “Ini tentu suatu kabar yang bahagia karena pihak rektorat UMY peduli akan keselamatan para mahasiswanya. Kami sebagai mitra berjanji memberikan pelayanan terbaik,” tandasnya.

Basrie mengungkapkan, asuransi kecelakaan diri yang diikuti oleh mahasiswa UMY tersebut ialah asuransi mode P40. Artinya, dengan membayar premi senilai Rp40.000 per tahun, para mahasiswa memperoleh beberapa jaminan.

Ratih Keswara
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6288 seconds (0.1#10.140)