Kombinasi Atletik Senior dan Junior

Selasa, 30 Desember 2014 - 10:51 WIB
Kombinasi Atletik Senior dan Junior
Kombinasi Atletik Senior dan Junior
A A A
BANDUNG - Guna menambah daya saing atlet sehingga bisa meningkatkan motivasi, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Barat telah mempersiapkan program berlatih para atlet.

Hal ini terkait dengan akan dilaksanakannya pemusatan pelatihan daerah (Pelatda) Jawa Barat menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Sekretaris Umum PASI Jabar, Jucke M Satria mengungkapkan, para atlet yang akan masuk dalam program Pelatda merupakan atletatlet berprestasi yang dipantau dari ranking atlet dan dari beberapa kejuaraan. Rencananya, atlet-atlet dari cabang olahraga atletik akan memasuki campPelatda Jabar mulai 4 Januari 2015 mendatang.

“Terdapat 90 atlet yang rencananya akan memasuki camp Pelatda Januari mendatang. Selama menjalani Pelatda tersebut para atlet akan terus dinilai dengan sistem promosi degradasi,” terangnya. Porda XII/2014 yang merupakan pesta olahraga tingkat Jabar yang diikuti oleh atlet senior dan PON Remaja I/2014 di Surabaya yang merupakan ajang atlet junior, menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan penilaian dan evaluasi.

Selain itu juga beberapa kejuaraaan baik itu Kejurnas atau Kejurda menjadi fokus pantauan Pengprov PASI Jabar. Jucke menilai, pada promosi degradasi yang dimulai dari 200 persen ini, persaingan akan lebih ketat lagi. Pasalnya untuk Pelatda kali ini, atlet-atlet senior akan bersaing dengan atlet-atlet junior yang kemampuannya sudah mulai bisa menggeser seniornya.

“Di sinilah strategi PASI Jabar dalam mempersiapkan para atlet di Pelatda. Dimana akan ada penggabungan antara atlet senior dan junior. Karena ada kejadian dimana atlet senior yang sudah tidak memiliki pesaing, semangat latihannya menurun. Untuk itu nantinya yang senior ini akan di mix dengan junior yang mampu menjadi pesaingnya sehingga termotivasi untuk latihan lebih sungguh-sungguh,” bebernya.

Dia menilai, para atlet junior yang mulai naik tingkat ini memiliki potensi yang bagus. Terlihat di beberapa kejuaraan seperti Popnas, kejuaraan junior serta PON Remaja, para atlet ini menunjukkan prestasi yang baik.

Panji Qadhafi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)