Ribuan Wisatawan Padati Wisata Pantai

Senin, 29 Desember 2014 - 12:24 WIB
Ribuan Wisatawan Padati Wisata Pantai
Ribuan Wisatawan Padati Wisata Pantai
A A A
BANTUL - Ribuan wisatawan menyerbu Pantai Parangtritis juga beberapa pantai di kawasan Kabupaten Bantul.

Menjelang Tahun Baru, Parangtritis masih menjadi primadona wisatawan di samping Pantai Gua Cemara ataupun Pantai Baru di Pandansimo. Subkoordinator Pemungutan Retribusi Pantai Parangtritis, Sumanto mengatakan, Pantai Parangtritis sudah mulai memperlihatkan kenaikan pengunjung sejak sekolah selesai melaksanakan ujian beberapa waktu yang lalu. Mulai Kamis (25/12) jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis melonjak cukup tajam dibanding dengan hari-hari biasa.

“Tercatat sehari itu bisa mencapai 17.000 pengunjung,” ujarnya, kemarin. Sumanto mengatakan, dibanding dengan hari biasa terjadi lonjakan pengunjung sekitar 3.000–5.000 pengunjung. Di libur akhir tahun ini, jumlah pengunjung di Pantai Parangtritis mencapai angka rata-rata 15.000–19.000 orang. Meski Bantul diguyur hujan, namun hanya sedikit berpengaruh terhadap jumlah kunjungan di kawasan pantai ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bantul Bambang Legowo mengungkapkan, untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di kawasan pantai, terutama Pantai Parangtritis, pihaknya memang menyiagakan sekitar 111 orang personel untuk seluruh obyek wisata di Bantul.

Personel-personel tersebut dibagi dalam beberapa shift, tujuannya untuk melayani para wisatawan. “Selain personel tempat pemungutan retribusi (TPR) juga ditambah, jumlah TPR juga ditambah dari dua menjadi tiga di kawasan pantai Parangtritis dan Depok,” paparnya. Di Pantai Gua Cemara, Disbudpar menyiagakan 11 personel, di Pantai Samas 10 personel, Pantai Kuwaru 10 personel, dan Pantai Baru Pandansimo ada 11 orang yang berjaga.

Mereka akan menjaga retribusi pintu masuk di kawasan obyekobyek wisata tersebut. Meskipun di kawasan barat, sekali membayar, pengunjung bisa menikmati empat pantai yaitu Samas, Gua Cemara, Pantai Baru, ataupun Pantai Pandansimo. Untuk malam perayaan pergantian tahun tersebut, pihaknya menargetkan akan ada 100.000 pengunjung yang memadati sepanjang pantai selatan di Bantul.

Meskipun kapasitas daya tampung pengunjung pantai di kawasan Bantul tidak terbatas, namun Disbudpar tidak ingin jemawa. Mereka hanya menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 100.000 orang. “Tidak bisa kami maksimalkan lagi, karena kami sadar persaingan pariwisata dengan kabupaten lain juga cukup ketat,” ujarnya.

Erfanto Linangkung
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7351 seconds (0.1#10.140)