Modus Baru, Ciu Dikemas Pakai Segel Merah

Sabtu, 27 Desember 2014 - 13:00 WIB
Modus Baru, Ciu Dikemas Pakai Segel Merah
Modus Baru, Ciu Dikemas Pakai Segel Merah
A A A
SUKOHARJO - Sebanyak 3.114 liter ciu bersegel merah berhasil disita petugas Polres Sukoharjo. Sedianya, ribuan liter ciu tersebut akan dikirim ke Jepara dan sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Kasat Narkoba Polres Sukoharjo AKP Sentot Ambar Wibowo menjelaskan, ribuan liter olahan etanol setengah jadi itu yang dikemas dalam 85 jerigen berkapasitas 30 liter. Selain itu, ada juga yang dikemas dalam 45 bekas botol air mineral dan ditempatkan dalam 34 dus. Ciu dalam bekas botol air mineral itu bersegel merah dengan tulisan Segel Utuh Kwalitet Terjamin. “Sebelum ciu tersebut dikirim, terlebih dahulu ditangkap petugas,” kata Sentot.

Menurutnya, barang bukti tersebut diamanakan dari tangan empat pelaku. Masingmasing dari ST, 49, warga Bugel, Jepara, disita 300 liter dalam 10 jerigen yang dibawa dengan mobil Avanza.

Sedangkan dari tersangka YK, 38, warga Sentul Bekonang, Mojolaban diamankan 600 liter ciu dalam 20 jerigen yang diangkut dengan Daihatsu Granmax dan dari tangan SY, 40, warga Dadiharjo RT 06/05 Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban diamankan mobil Suzuki APV yang mengangkut 528 liter ciu dalam 11 botol air mineral bersegel yang disimpan dalam 32 dus.

Satu orang lainnya adalah dari mobil pikap milik MR, 46, warga Ngadirejo, Nganjuk, Jawa Timur didapati 1.650 liter ciu dalam 55 jerigen dan 36 liter ciu pada 36 botol air mineral bersegel. “Ribuan liter ciu itu rencananya diedarkan di Jepara, Nganjuk, Ngawi, juga Surabaya,” kata Sentot.

Kapolres Sukoharjo AKBP Andy Rifai menambahkan, pihaknya tetap berkomitmen memberantas peredaran miras khususnya ciu. “Sudah banyak kasus miras oplosan menyebabkan korban tewas. Untuk itu kami intensif melakukan pengawasan,” tandasnya.

Sumarno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6750 seconds (0.1#10.140)