Petani Kopi Pagaralam Girang

Sabtu, 27 Desember 2014 - 12:22 WIB
Petani Kopi Pagaralam Girang
Petani Kopi Pagaralam Girang
A A A
PAGARALAM - Harga komoditi kopi di Kota Pagaralam terus naik. Saat ini harga kopi kering kualitas bagus dijual Rp20.000 per kilogram (kg).

Likut, 50, salah satu agen kopi di Pagaralam mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir harga biji kopi terus membaik. Bah kan, harganya tembus Rp20.000/kg. Diprediksi harga ko pi musim tahun ini akan terus naik hingga bisa menyentuh harga Rp25.000/kg. “Setelah musim kopi 2014 lalu harga kopi di Pagaralam terus membaik, bahkan tidak pernah turun dari Rp20.000/ kg.

Kondisi yang demikian memberikan gambaran harga kopi musim mendatang akan terus membaik, terlebih sekarang ini pasokan kopi cenderung menurun. Dengan demikian artinya, harga jualnya akan tetap stabil,” katanya, kemarin. Lebih lanjut dikatakannya, untuk kopi dengan kualitas baik dihargai Rp Rp20.000/kg harga ini sudah bertahan sebulan terakhir ini. Bahkan, beberapa bulan yang lalu harganya sempat tembus Rp22.000/kg.

“Jika melihat kondisi yang ada dengan produksi kopi yang ada dan tingginya permintaan pasar, musim tahun 2015 ini harga kopi akan terus membaik,” katanya. Ditambahkannya, sebenarnya harga kopi sangat berpengaruh bagi perekonomian masyarakat Kota Pagaralam. Untuk itu, diharapkan nantinya harga kopi tetap stabil dan petani kopi bisa bersemangat sehingga produksinya akan terus meningkat.

“Agar harga kopi tinggi kami mengharapkan petani mengelolanya dengan baik. Walaupun kopi musim, jika basah dan hitam, harga tidak akan mahal. Untuk itu, kopi harus dipetik yang tua dan dijemur kering,” pungkasnya.

Yayan Darwansah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3840 seconds (0.1#10.140)