Wisatawan Serbu Pantai Glagah

Jum'at, 26 Desember 2014 - 11:55 WIB
Wisatawan Serbu Pantai Glagah
Wisatawan Serbu Pantai Glagah
A A A
KULONPROGO - Pantai Glagah masih menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi pada libur sekolah yang bersamaan dengan Natal dan dirangkai dengan Tahun Baru nanti.

Pada hari biasa, kunjungan hanya sekitar 200 pengunjung. Namun kini sudah bisa meningkat beberapa kali lipat. “Kepadatan sudah terasa sejak libur sekolah lalu, Natal ini pengunjung semakin banyak,” kata petugas retribusi Pantai Glagah, Muji Prastowo, kemarin. Pada akhir tahun ini, Muji optimistis, target kunjungan wisatawan bisa tercapai. Bahkan dia yakin kenaikan pengunjung bisa lebih dari 2.000 orang pada puncak Tahun Baru nanti.

Kepala Disbudparpora Kulonprogo Eko Wisnu Wardhana mengatakan, tiket retribusi wisata diberlakukan tetap. Dinas tidak pernah menaikkan harga tiket. Semuanya sama dengan hari-hari biasa. “Meski ada kenaikan pengunjung, kami tidak naikkan harga tiket,” katanya.

Sementara itu, Koordinator SAR Linmas Wilayah V Kulonprogo yang meliputi Pantai Glagah Congot sampai Trisik, Samsudin mengatakan akan menyiagakan 38 personel SAR. Mereka akan dibagi dalam beberapa regu dan ditempatkan di seluruh obyek wisata pantai. “Dari Congot sampai Trisik, kami siagakan petugas SAR,” ucapnya.

Samsudin mengatakan, pada Sabtu dan Minggu, seluruh personel disiagakan. Sementara di hari biasa, meski masih dalam suasana liburan, hanya separuh personel yang disiaga kan. Mereka akan mengawasi pengunjung di sepanjang pantai. Dia menambahkan, sejumlah titik rawan juga akan dipantau. Mengingat banyaknya pengunjung dari berbagai daerah yang datang.

Dua titik rawan di Pantai Glagah yakni di muara Sungai Serang dan kawasan pemecah ombak merupakan dua titik yang diwaspadai. “Sebenarnya kami sudah sering ingatkan pengunjung untuk tidak mandi, tetapi kadang ada yang bandel,” tandasnya.

Kuntadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8801 seconds (0.1#10.140)