Jabar Harus Andalkan Atlet Binaan

Jum'at, 26 Desember 2014 - 11:24 WIB
Jabar Harus Andalkan Atlet Binaan
Jabar Harus Andalkan Atlet Binaan
A A A
BANDUNG - Petinju andalan Jabar, Dadan Amanda berharap kontingen daerah kelahirannya benar-benar diperkuat atlet asli binaan sendiri di PON XIX/2016.

Menurutnya pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut bukan semata-mata harus mengedepankan prestise, tapi proses pembinaan. Dadan mengatakan, Jabar memiliki bibit atlet potensial untuk selanjutnya menjadi generasi penerus para seniornya. Dengan begitu, Jabar bisa mengadopsi pola pembinaan atlet ala Korea Selatan yang selama ini memang menjalin kerja sama di bidang olahraga dengan Jabar.

Menurutnya, Jabar sebenarnya memiliki peluang dan momentum yang sangat besar untuk belajar banyak dari Korsel. “Bukan hanya mengirim atlet ke Korsel atau mendatangkan pelatih dari sana. Tapi lebih jauh dari itu, ada banyak pelajaran berharga yang bisa diadopsi, salah satunya adalah mengenai pembinaan atlet remaja asli daerah. Mereka percaya diri membina bibit atlet untuk menjadi pengganti dari atlet-atlet yang sudah senior,” ungkapnya.

Hal itulah yang dilihat saat berada di Negeri Ginseng untuk melaksanakan program pemusatan latihan yang digelar KONI Jabar, beberapa waktu lalu. Dari situlah Dadan melihat pola pembinaan yang dilakukan Korsel dalam melahirkan atlet potensial asli daerahnya. “Banyak hal yang bisa di pelajari. Pembinaan atlet remaja mereka patut ditiru. Sehingga tidak ada lagi jual beli atlet karena mereka percaya diri dengan atlet yang mereka bina. Begitu juga di Jabar, banyak potensi yang bisa dimaksimalkan, Jabar harus percaya diri,” tegasnya.

Petinju yang juga di persiapkan membela Jabar di PON XIX/2016 itu sempat merasa pri hatin ketika melihat daerah bertarung di sebuah event olahraga mengandalkan atlet hasil rekruitmen dari provinsi lain. Padahal dari event itulah pembuktian hasil pembinaan tiap daerah bisa terlihat.

“Jujur saya sangat prihatin sekali melihat apa yang terjadi di dunia olahraga dalam negeri. Saat pelaksanaan Porda yang notabene merupakan salah satu ajang untuk melihat atlet potensial asli daerah yang nantinya akan direkrut membela Jabar di PON 2016. Ternyata banyak atlet dari luar daerah,” ujarnya.

Panji Qadhafi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7428 seconds (0.1#10.140)