PNS Harus Tahan Godaan

Kamis, 25 Desember 2014 - 13:05 WIB
PNS Harus Tahan Godaan
PNS Harus Tahan Godaan
A A A
YOGYAKARTA - Pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemda DIY diminta mampu menahan segala macam godaan material maupun immaterial. Jabatan PNS adalah amanah, yang harus diemban sebaik- baiknya dengan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX mengungkapkan, tugas dan jabatan yang melekat dalam diri PNS adalah kepercayaan dan kehormatan. "Tetapi disisi lain merupakan tantangan, ujian dan cobaan serta godaan," katanya dalam acara pelantikan pejabat struktural eselon III, IV, dan kepala sekolah di lingkungan Pemda DIY di Kepatihan, kemarin.

Pada kesempatan itu, wagub mengajak semua PNS di lingkungan Pemda DIY tetap melaksanakan amanah yang mulia tersebut sebaik-baiknya. "Sebagai abdi negara harus berbuat yang terbaik untuk lembaga yang kita cintai ini. Jangan sampai ada penyimpangan" ujarnya.

Menurut Raja Pura Pakualaman ini, amanah yang diemban sebagai PNS tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada diri sendiri, keluarga, dan masyarakat, namun juga dipertanggungjawabkan kepada Tuhan. "Pada tingkat apapun, tanggung jawab dan sebesar apapun amanah yang dibebankan, harus mempertanggungjawabkannya kepada semua,” ungkapnya.

Pada acara itu, wagub melantik 109 pejabat yang berasal dari 29 satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Rinciannya eselon III mutasi 27 orang dan promosi lima orang; Eselon IV mutasi 52 orang dan promosi 12 orang; kepala sekolah luar biasa sembilan orang; kepala sekolah menengah kejuruan dua orang; dan kepala sekolah menengah pertama dua orang.

Instansi yang paling banyak mengalami pergantian jabatan struktural adalah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY dengan 18 pejabat yang terdiri dari 13 kepala sekolah dan lima struktural.

Sedangkan instansi lain yang banyak diisi pejabat baru antara lain Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY sebanyak 12 pejabat, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY (sembilan pejabat), serta Dinas Pertanian (sembilan pejabat).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto, berharap 109 pejabat yang dilantik ini bisa lebih meningkatkan kinerja. Tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang diemban, PNS mampu memberikan yang terbaik terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Ridwan Anshori
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6413 seconds (0.1#10.140)