Sergai Berpontensi Produksi Ikan Jumlah Besar

Senin, 22 Desember 2014 - 10:58 WIB
Sergai Berpontensi Produksi Ikan Jumlah Besar
Sergai Berpontensi Produksi Ikan Jumlah Besar
A A A
SEI RAMPAH - Bukan hanya pertanian yang melimpah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) juga menghasilkan ikan yang luar biasa jumlahnya.

Dalam catatan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Sergai, ada 22.000 ton ikan laut berhasil ditangkap oleh nelayan Sergai sepanjang 2014. Kemudian produksi perikanan tersebut masih ditambah 12.000 ton lagi dari panen ikan yang dibudidayakan masyarakat.

“Sergai memang mempunyai potensi besar baik dalam perikanan tangkap maupun perikanan budi daya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan,” ucap Bupati Soekirman ketika peringatan Hari Nusantara 2014 di Sei Rampah, kemarin. Diakui Soekirman, bila potensi bahari yang dimiliki kabupaten bermoto Tanah Bertuah Negeri Beradat ini sangat bermanfaat bagi pemenuhan gizi masyarakat luas.

Produksi ikan asal Sergai tak hanya dijual ke pasar lokal, tetapi hingga ke mancanegara, seperti Malaysia, Hong Kong, dan lainnya. Soekirman juga mengaku optimistis lewat program minapolitan yang kini diusung akan terus menggenjot produksi perikanan tangkap dan budi daya dari tahun ke tahun.

Kepala Diskala Ramlan Matondang memaparkan, sektor perikanan menjadi geliat perekonomian masyarakat lokal, khususnya di lima kecamatan yang persis di garis Pantai Selat Malaka. Dari nelayan itu, hampir seluruhnya bergabung dalam kelompok nelayan.

Jumlahnya kini mencapai 210 kelompok, sedangkan untuk perikanan air tawar ada 165 kelompok. Untuk menambah kemeriahan Hari Nusantara 2014, Diskanla menggelar lomba masak ikan yang diikuti TP PKK kecamatan dan desa.

Diharapkan lomba ini mendorong Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan). Pada akhir lomba, PKK Kecamatan Perbaungan keluar sebagai juara I, PKK Kecamatan Bintang Bayu sebagai juara II, dan Juara III adalah PKK dari Kecamatan Tebing Tinggi.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyerahkan bantuan 2 unit sepeda motor kepada dua penjual ikan eceran.

Erdian Wirajaya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8947 seconds (0.1#10.140)