Tegaskan Dominasi Indonesia

Senin, 22 Desember 2014 - 10:23 WIB
Tegaskan Dominasi Indonesia
Tegaskan Dominasi Indonesia
A A A
PALEMBANG - Dua pekan sudah pekan olahraga mahasiswa ASEAN (ASEAN University Games/AUG) ke-17 tahun 2014 digelar.

Hingga hari terakhir kemarin, kontingen Indonesia kukuh di puncak klasemen dan menggenggam juara umum. Titel juara kali ini terasa istimewa, karena selain menjadi yang terbaik dari sisi prestasi atlet, Indonesia yang kali ini diwakili Palembang, Sumatera Selatan, juga sukses sebagai tuan rumah.

Prestasi Indonesia di AUG 2014 menegaskan dominasi Merah Putih pada ajang yang ditetapkan menjadi agenda rutin dua tahunan sejak 2002 lalu. Dari 17 kali penyelenggaraan hingga tahun ini, Indonesia sukses meraih11 titel juara umum, diikuti Thailand 3 kali, Malaysia 2 kali dan Vietnam 1 kali.

Selain itu, juara umum tahun ini juga melanjutkan rekor kontingen Merah Putih yang selalu juara saat menjadi tuan rumah yaitu masing-masing edisi 1982 di Jakarta, 1990 di Bandung, dan 2004 di Surabaya. Menteri Pemuda danOlahraga (Menpora) Republik Indonesia Imam Nahrawi bersyukur dalam penyelengaraan 17th AUG 2014, Indonesia memperoleh dwi prestasi.

Pertama sukses sebagai tuan rumah penyelenggara dan kedua dari prestasi juga mampu juara umum. Kontingen Indonesia berada di puncak perolehan medali dengan 66 medali emas, 78 perak, dan 46 perunggu. Runn er up ditempati Thailand dengan 53 emas, 34 perak, dan 27 perunggu. Malaysia menguntit di posisi ketiga 40 emas, 42 perak, dan 49 perunggu. Selanjutnya, masing-masing Vietnam 27 emas, 15 perak, dan 4 perunggu, Filipina 10 emas, 11 perak, dan 21 perunggu.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh atlet yang telah berjuang dengan menjunjung tinggi semangat fair play. Yang lebih membanggakan atlet (Indonesia) yang berhasil meraih prestasi tertinggi dan memastikan titel juara umum.

Selain itu selamat juga buat Palembang, Sumatera Selatan yang berhasil menyelenggarakan event bertaraf internasional ini. Saya mewakili presiden sekali lagi mengucapkan selamat,” kata Menpora Imam Nahrawi saat menyampaikan kata sambutan pada closing ceremony 17th AUG 2014 di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palem bang, tadi malam.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam laporan panitia penyelenggara event mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran panitia dan seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya AUG 2014. “Terima kasih kepada para panitia dan pendukung hingga acara ini berjalan lancar dan sukses. Tugas tidak selesai sampai di sini, karena kami akan bersiap menyambut event yang lebih besar lagi yaitu Asian Games 2018 di Sumsel,” ujarnya.

Selanjutnya sekitar pukul 21.00 WIB, layar di panggung utama tiba-tiba padam dan tak berapa lama muncul video profil negara Singapura yang akan menjadi tuan rumah 18th AUG 2016 mendatang. Puluhan remaja asal Singapura menampilkan tarian dan atraksi yang sontak membuat penonton terpukau.

Tulisan “Welcome to Singapore 2016” sekaligus penyerahan bendera ASEAN University Sports Coun cil (AUSC) dari Menpora Imam Nahrawi kepada Presiden AUSC Anwar bin Hasan yang diteruskan kepada perwakilan NOC Singapura Ser Miang Ng menandai berakhirnya 17th AUG 2014 di Palembang.

Muhammad Moeslim/ Iwan Setiawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2066 seconds (0.1#10.140)