Medan Jadi Jalur Internet Cepat

Sabtu, 20 Desember 2014 - 12:39 WIB
Medan Jadi Jalur Internet Cepat
Medan Jadi Jalur Internet Cepat
A A A
MEDAN - Kota Medan dinilai sebagai daerah potensial pengguna teknologi komunikasi di Indonesia.

Sebagai kota besar, Medan juga memiliki basis pengguna layanan data internet paling besar di luar Pulau Jawa dan Bali. Karena itu, PT XL Axiata meluncurkan teknologi terbaru di bidang telekomunikasi, yakni 4G LTE, di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, kemarin.

Peluncuran ini menjadikan Kota Medan sebagai salah satu jalur internet pita lebar atau koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi (broadband) di Indonesia. Peluncuran ini dilakukan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, melalui telekonferensi dengan Direktur Service Management XL, Ongky Kurniawan; Wakil Rektor IV USU, Ningrum N Sirait; Account Director Huwaei Indonesia, dan VP XL West Region, Haryo Wibowo.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan, pemerintah sedang mendorong pembangunan 4G LTE di Indonesia. "Ini bagian dari broadband plan Indonesia. Jadi, Medan, Bogor, Jakarta, dan Yogyakarta yang diluncurkan XL hari ini menjadi bagian awalnya," ujarnya.

Karena program broadband ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai regulator berupaya memastikan dua layanan, selain memastikan jaringannya tersedia dengan baik. Pertama, masyarakat harus diedukasi. "Operator jangan hanya menjual saja, tapi harus diedukasi juga 4G LTE dengan kecepatan yang lebih besar. Tentu volume data akan lebih besar dan cepat habis, harganya juga lebih mahal," bebernya.

Kedua, operator juga harus memastikan distribusi handset (gadget), khususnya 4G, yang saat ini masih terbatas. Ke depan, harus dipikirkan bagaimana harga handset juga terjangkau. "Untuk handset 4G, memang sudah ada produsen yang berkomitmen membangunnya di dalam negeri. Dengan ini diharapkan harganya lebih murah," ucapnya.

Selain handset, operator juga diharapkan bisa menyebarkan penyediaan kartu 4G LTE yang juga khusus. "Yang jelas, pemerintah terus mendorong teknologi baru ini untuk masyarakat Indonesia. Untuk dunia akademis, teknologi ini memungkinkan perkuliahan dilakukan dari rumah," katanya.

VP XL West Region, Haryo Wibowo, mengatakan, 4G LTE merupakan lompatan luar biasa dalam teknologi. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan teknologi ini, mulai dari browsing, streaming, download, dan bermain game. "Yang paling mutakhir, dengan teknologi ini siapa pun bisa melakukan video conference dari genggaman handset," ujarnya.

Wakil Rektor IV USU, Prof Ningrum Sirait, berharap teknologi ini bisa disalurkan XL ke dunia kampus. Terlebih USU sangat mendukung penggunaan teknologi bagi mahasiswanya.

Fakhrur Rozi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6767 seconds (0.1#10.140)