Sekolah Dukung Daniel Berprestasi di Catur

Sabtu, 20 Desember 2014 - 12:38 WIB
Sekolah Dukung Daniel Berprestasi di Catur
Sekolah Dukung Daniel Berprestasi di Catur
A A A
MEDAN - SMP Putri Cahaya mengapresiasi salah satu siswanya, pecatur muda Sumatera Utara (Sumut), Master Percasi (MP) Daniel Hermawan Lumban Tobing, yang telah menorehkan prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Kepala SMP Putri Cahaya, Iriana Sianipar, mengatakan, akan memberikan beasiswa bagi pelajar kelas VII itu. SMP Putri Cahaya juga memberikan kemudahan bagi Daniel untuk belajar. Dia mengakui hal itu tidak sebanding prestasi yang dipersembahkan Daniel dengan membawa nama Sumut dan Indonesia di ajang nasional maupun internasional.

“Saat ini kami baru bisa memberikan beasiswa kepada Daniel. Mudahmudahan prestasi Daniel bisa terus meningkat,” tutur Iriana di ruang kerjanya, Jumat (19/12). Iriana juga memberikan kelonggaran bagi Daniel dengan membebaskan Daniel dalam hal belajar. Namun, hal tersebut hanya berlaku saat mengikuti kejuaraan saja.

Prestasi yang dicapai Daniel itu pun menjadikannya idola dan motivasi bagi murid lainnya. “Bukan berarti kami pihak sekolah memberikan kebebasan penuh. Kalau tidak ada kejuaraan, dia ke sekolah. Nilainya pun bagus, tidak terganggu. Jadi Daniel tetap harus utamakan sekolah,” ucapnya.

Diketahui, Daniel telah mengukir banyak prestasi, diantaranya juara Challenge ‘6th Penang Heritage City International Chess Open 2014’ di Penang (emas), Malaysia; juara beregu U-18 ‘6th Penang Heritage City International Chess Open 2014’ di Penang, Malaysia (emas); juara catur standar kategori yunior Kejurnas Catur 2014 di Makassar (emas); dan juara catur cepat kategori yunior Kejurnas Catur 2014 di Makassar (emas).

Kemudian, juara catur kategori SD Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2013 di Kaltim (emas); juara U-18 ‘5th Penang Heritage City International Chess Open 2013’ di Penang, Malaysia (emas); dan juara kategori yunior Japfa Chess 2012 di Jakarta (emas). Namun, baru pihak sekolah yang mengapresiasi kerja keras anak pasangan Theo ML Tobing dan Magdalena Herawati itu.

Sementara ibu Daniel, Magdalena Herawati, mengaku, sekolah banyak membantu dalam prestasi catur anaknya itu. Kelonggaran yang diberikan pihak sekolah dengan mengizinkan home schooling bagi Daniel, dinilai sudah sangat membantu.

“Prestasi yang diraih Daniel tidak terlepas dari dukungan pihak sekolah. Saya sangat berterima kasih atas dukungan pihak sekolah,” ucapnya.

Haris Dasril
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5294 seconds (0.1#10.140)