Hamid Ponco Kepala BI Wilayah VII Palembang

Sabtu, 20 Desember 2014 - 11:35 WIB
Hamid Ponco Kepala BI Wilayah VII Palembang
Hamid Ponco Kepala BI Wilayah VII Palembang
A A A
PALEMBANG - Di tengah pelemahan nilai rupiah terhadap dolar Amerika, Bank Indonesia (BI) melakukan rotasi pimpinan kantor perwakilan wilayah VII Palembang.

Hamid Ponco Wibowo resmi menjabat Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah VII Palembang menggantikan R Mirmansyah yang dipromosikan menjadi Kepala Departemen Risiko BI Jakarta. Hamid Ponco sebelumnya menempati posisi Deputi Ke - pala Perwakilan BI Wilayah IV Surabaya. Serah terima jabatan keduanya dipimpin Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah, di Kantor Perwakilan BI Wilayah VII Palembang, kemarin.

“Sertijab merupakan bagian dari upaya untuk menjaga agar organisasi BI tetap memiliki kinerja dan motivasi tinggi sehingga dapat menjaga kesinambungan peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab BI dalam mendukung serta mengembangkan perekonomian kondusif di Sumsel sebagai bagian dari perekonomian nasional,” kata Halim di Palembang, kemarin.

Menurutnya, bank sentral sangat mengapresiasi kinerja perekonomian Sumsel. Secara komprehensif, perekonomianSum sel tahun 2014 diperkirakan tumbuhsebesar5,1%- 5,5%(yoy) atau lebih tinggi diban dingkan dengan growth eko nomi Sumatera sebesar 4,6%-5,0% (yoy) dan sama dengan perkiraan growth ekonomi nasional.

Begitupun tingkat inflasi November sebesar 5,6% (yoy). Kendati sedikit meningkat dibandingkan dengan triwulan III sebesar 4,33%, pasokan bahan pangan terpantau terjaga yang membuat tekanan inflasi dari volatile foodberkurang. Bahkan, menjadi penyumbang utama deflasi Palem bang dua bulan terakhir. “Kami menilai kondisi ini sebagai suatu pencapaian positif yang tentunya merupakan hasil dari strategi, koordinasi dan kerjasama antara pemerintah daerah Sumsel dan BI, tim pengendali inflasi daerah (TPID) dan lembaga lainnya,” sebutnya.

Sebagai lembaga yang memiliki mandat dalam kebijakan moneter, sistem pembayaran dan makroprudensial, kata dia, pihaknya senantiasa berupaya melakukan penguatan fungsi kantor BI, terutama di daerah agar mampu menjadi mitra strategis bagi pemerintah dalam pengembangan perekonomian, pengendalian inflasi dan perumusan kebijakan ekonomi daerah.

Di samping itu, BI juga senantiasa mendorong berjalannya fungsi koordinasi moneter, fiskal dan sektor riil di daerah, penguatan peran TPID dan peran advisory kepada pemerintah daerah melalui dukungan kajian ekonomi dan keuangan regional serta analisis daya saing daerah.

“Kami ucapkan selamat bertugas di tempat baru bagi R Mirmansyah dan kepada Hamid Ponco Wibowo untuk dapat lebih meningkatkan kinerja KP BI Wilayah VII Palembang melalui pelaksanaan fungsi, tugas dan kewenangan BI di bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran dengan harapan dapat dirasakan manfaatnya bagi lapisan masyarakat Sumsel,” jelasnya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah VII Palembang Hamid Ponco Wibowo menyatakan, pihaknya akan melakukan konsolidasi mendalam dan tetap melanjutkan program yang telah dijalankan pejabat lama.

“Untuk koordinasi akan terus ditingkatkan, baik koordinasi dalam penguatan peran TPID, stabilitas sistem keuangan, menjaga kelancaran sistem pembayaran, pengembangan sektor riil dan UMKM hingga koordinasi dengan para stakeholder BI, termasuk media massa,” ucapnya.

Beberapa prestasi membanggakan yang ditorehkan selama tahun 2014 antara lain bersinergi dengan pemerintah daerah melalui TPID dalam mengendalikan inflasi, meningkatkan kualitas konsultan keuangan mitra bank melalui berbagai pelatihan, membangun kemandirian petani padi organik di OKU Timur, menjaga kelangsungan adat dan budaya Palembang melalui pelatihan pembuatan songket, meningkatkan ketahanan pangan di Sumsel, mendorong kewirausahaan Sumsel, meningkatkan pendidikan hingga menggiatkan gerakan nasional nontunai di perguruan tinggi.

Darfian Jaya Suprana
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6075 seconds (0.1#10.140)