Eldin Buka Festival Barzanji AMPI

Jum'at, 19 Desember 2014 - 13:54 WIB
Eldin Buka Festival Barzanji AMPI
Eldin Buka Festival Barzanji AMPI
A A A
MEDAN - Wali kota Medan, Dzulmi Eldin, membuka Festival Barzanji Marhaban ke- XIV tahun 2014 yang diselenggarakan DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Medan, di Masjid Agung Jalan Diponegoro, kemarin.

Pembukaan Festival Barzanji ini ditandai dengan pemukulan gong oleh wali kota diikuti pemberian santunan kepada anak yatim piatu secara simbolis. Eldin mengatakan, festival ini telah menjadi kegiatan tahunan DPD AMPI Kota Medan, dan kegiatan ini telah mendapat perhatian yang baik dari masyarakat luas. Hal ini dibuktikan dengan antusias para peserta.

Eldin berharap , kegiatan Barzanji ini akan berkembang dan menjadi salah satu sarana pembinaan mental spiritual generasi muda lewat pendekatan seni budaya yang kemudian mampu memberikan pengaruh positif di tengah masyarakat. Selama ini AMPI sebagai wadah pembinaan generasi muda telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan peran dan kesiapan pemuda sebagai generasi penerus.

Banyak kader AMPI yang meniti karier di berbagai profesi sebagai wujud pengabdiannya kepada bangsa dan negara. “Ke depannya, peran dan kepeloporan pemuda harus ditingkatkan. Pola yang realistis tentu saja pendekatan religius, seni budaya , olahraga, pelatihan keterampilan, dan lain sebagainya. Saya yakin DPD AMPI Kota Medan telah memikirkannya dan akan terus mengembangkan pembinaan generasi muda di Kota Medan,” ungkap Eldin.

Eldin menyarankan festival ini dapat menjadi sarana pembinaan generasi muda yang efektif secara berkelanjutan. Pembukaan acara ini dihadiri Ketua DPD AMPI Provinsi Sumatera Utara, M Syaf Lubis; Ketua DPD AMPI Kota Medan, Iswanda Ramli; Ketua MUI Kota Medan, M Hatta, Ketua Yayasan Wakap Masjid Agung, Baktiar Lubis; Ketua AMPG Sumut, Suryanta; Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan diwakili Usman; Ketua Panitia pelaksana Festival Barzanji, Marhaba Bambang Sumpeno; para pimpinan SKPD, serta peserta Festival Barzanji Marhaban.

M Syaf Lubis mengatakan, kegiatan Festival Barzanji Marhaban ini sudah berlangsung selama 14 tahun. Saat ia menjadi ketua DPD AMPI Kota Medan pada masa 14 tahun silam sangat bersusah payah melaksanakan festival ini. Namun kami tetap berusaha untuk mewujudkannya sebagai salah satu pengembangan budaya islam yang telah memudar di tengah-tengah masyarakat.

“Hari ini tanpa terasa Festival Barzanji dan Marhaban dapat kita laksanakan yang ke-14 kalinya. Ini terlaksana berkat kerja keras ketua DPD AMPI Kota Medan, Saudara Iswanda Ramli,” ungkapnya.

Festival ini tidak hanya semata- mata untuk mencari juara I,II, dan III, tetapi lebih jauh adalah pengembangan budaya islam itu sendiri dan pembinaan silaturahmi. Ketua DPD AMPI Kota Medan, Iswanda Nanda Ramli, menambahkan, tujuan kegiatan festival ini tidak lain untuk mengembangkan siar Islam melalui kesenian Islami.

Untuk itu bagi seluruh peserta yang ikut dalam festival ini sudah turut dalam pengembangan siar Islam. Seni budaya Islam ini sudah wajar kita laksanakan walaupun sekali dalam setahun. Festival ini akan berlangsung selama dua hari dan akan terpilih pemenang- pemenang yang benar- benar unggul.

Para peserta Festival Barzanji Marhaban ini tidak hanya dari Kota Medan, tapi juga hadir peserta dari Kota Binjai dan Deliserdang.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7894 seconds (0.1#10.140)