Garuda Indonesia Buka Rute Medan-Nias

Selasa, 16 Desember 2014 - 13:27 WIB
Garuda Indonesia Buka Rute Medan-Nias
Garuda Indonesia Buka Rute Medan-Nias
A A A
MEDAN - Tingginya permintaan penumpang asal Kepulauan Nias menjadi alasan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan baru tujuan Medan- Nias, Senin (15/12).

Selain itu, dengan adanya maskapai baru beroperasi di Kepulauan Nias, akan memperkecil tingkat terisolir Kepulauan Nias dari kawasan lain di Indonesia. Wakil Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi, mengatakan, Garuda Indonesia ATR 72 600 menambah jumlah maskapai yang beroperasi di Kepulauan Nias.

Dengan demikian, akan meningkatkan nilai kompetisi, khususnya di bidang harga tiket pesawat. “Kini yang perlu dilakukan, pengembangan Bandara Binaka di Nias agar dapat dimasuki oleh maskapai yang lebih besar lagi dibandingkan pesawat jenis ATR,” paparnya saat meresmikan penerbangan perdana Garuda Indonesia ATR 72 600.

Bupati Nias, Sukhiatulo Laoli, mengungkapkan, telah menganggarkan biaya sebesar Rp69 miliar untuk mengembangkan Bandara Binaka, Gunung Sitoli. Anggaran biaya tersebut pun telah diserahkan kepada Kementerian Perhubungan. “Pengembangan tahap dua dibutuhkan biaya sebesar Rp250 miliar. Kita berharap bandara ini tidak hanya menghubungkan Nias ke Medan, namun juga bisa menghubungkan Nias ke Jakarta dan bahkan ke luar negeri.

Wali Kota Gunung Sitoli, Martinus Lase, menambahkan, dari total 850.000 warga Gunung Sitoli, sebanyak 480- 600 orang menggunakan layanan maskapai penerbangan. “Saat ini sudah ada empat jadwal penerbangan dari Nias, ditambah dua jadwal penerbangan lagi dari Garuda Indonesia. Dengan demikian, masyarakat Nias memiliki variasi layanan penerbangan, dan kami optimistis akan ada lebih banyak masyarakat lagi yang bisa menggunakan layanan penerbangan,” ucapnya.

Vice President Region I Domestik Garuda Indonesia, Dony Widojoko, mengungkapkan, penerbangan Medan-Gunung Sitoli beroperasi dua kali setiap harinya menggunakan pesawat Garuda Indonesia ATR 72 600 Explore dengan kapasitas 70 kursi. Pembukaan rute baru tersebut sebagai upaya memenuhi permintaan pasar dan peningkatan layanan secara terus menerus yang dilaksanakan oleh Garuda Indonesia.

“Selain itu, pembukaan rute baru ini juga bagian dari program ekspansi Garuda Indonesia khususnya komitmen memperkuat jaringan penerbangannya di domestik,” paparnya. Dony menambahkan, Gunung Sitoli merupakan kota yang semakin berkembang dengan potensi ekonomi dan wisata menjanjikan.

Dicky Irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4134 seconds (0.1#10.140)