Dusun Jemblung Rentan Gerakan Tanah

Minggu, 14 Desember 2014 - 22:05 WIB
Dusun Jemblung Rentan Gerakan Tanah
Dusun Jemblung Rentan Gerakan Tanah
A A A
BANJARNEGARA - Wilayah Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkorbar rentan gerakan tanah. Sehingga wilayah setempat rawan bencana alam tanah longsor.

"Daerah sini (Jemblung) sudah diidentifikasi rawan longsor," kata Kepala Subbid Litigasi Bidang Tanah Badan geologi, Kristianto, Minggu (14/12/2014).

Menurut Kristianto, daerah Jemblung dan sekitarnya memiliki potensi kerentanan gerakan tanah tingkat menengah hingga tinggi.

"Potensi kerentanan gerakan tanahnya pada tingkat menengah-tinggi. Kami sudah petakan sebelumnya. Sehingga kami himbau warga untuk berhati-hati saat curah hujan tinggi," tambahnya.

Sementara Penyelidik Bumi Utama, Badan Geologi, Akhmad zaennudin, mengungkapkan, tanah sekitar lokasi kejadian rapuh. Sehingga saat curah hujan tinggi air tersimpan dalam tanah tersebut.

"Ikatan butiran tanah menjadi berkurang dengan adanya air itu," ungkapnya.

Sementara itu, lanjut dia, lapisan tanah dibawahnya merupakan tanah kedap air. Sehingga tanah rapuh yang menyimpan air huja tersebut menjadi longsor saat tidak kuat menahannya.

"Ketebalan tanah rapuh itu sekitar 8-10meter. Dibawahnya tanah kedap air. Sehingga saat tidak kuat menahan air hujan itu, tanah rapuh itu langsung sliding/longsor," jelasnya.

Menurutnya, longsor pada Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar itu, diluar rencana. Sementara di Desa Pencil, Kecamatan Wanayasa sudah lebih dulu longsor.

"Di Pencil Wanayasa itu malah lebih besar potensi longsornya dan banyak pemukiman di bawahnya. Namun pergerakan tanahnya lamban dan warga sudah diungsikan. Lha di Jemblung itu di luar rencana, tapi sudah dimasukkan peta rawan," paparnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3995 seconds (0.1#10.140)