BLH Jadi Percontohan Eco Office

Jum'at, 12 Desember 2014 - 12:00 WIB
BLH Jadi Percontohan Eco Office
BLH Jadi Percontohan Eco Office
A A A
SEMARANG - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Semarang kini menjadi percontohan eco office yang menerapkan manajemen mutu lingkungan dalam rangka pengurangan efek pemanasan global atau gas rumah kaca.

Salah satunya dengan memasang lampu penerangan dengan mengandalkan panel surya. “Eco office sangat penting, merupakan bagian dari salah satu program pengurangan efek pemanasan global sekaligus mitigasi perubahan iklim,” kata Kepala BLH Kota Semarang Gunawan Saptogiri di sela-sela sosialisasi eco office kepada instansi di lingkungan Balai Kota kemarin.

Gunawan menjelaskan penggunaan energi matahari sangat dianjurkan untuk penerangan alami sehingga pemakaian listrik bisa dikurangi. Dia mencontohkan lampu penerangan jalan di halaman kantor BLH Kota Semarang dan lapangan parkir kantor sudah menggunakan lampu panel surya. “Di kantor kami juga begitu, sudah melakukan penghematan air, listrik, membuat biopori dan sistem resapan air tanah, serta membangun green house,” paparnya.

Eco office adalah perkantoran yang menerapkan manajemen mutu lingkungan yang sesuai dengan standar internasional. Kegiatan eco office difokuskan pada efisiensi barang dan peralatan, efisiensi energi listrik dan BBM, efisiensi air baku dan air minum, penanganan limbah padat maupun cair. Serta pengelolaan gedung dan fasilitas kantor, pengelolaan ruang terbuka hijau dan pengelolaan kendaraan kantor.

Menurut Gunawan, penerapan eco office sangat diperlukan karena setiap hari kantor menghabiskan kertas, air, listrik dan menimbulkan limbah domestik yang mencemari lingkungan. Penerapan eco office sejalan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2005 tentang penghematan air dan listrik.

“Kementerian Lingkungan Hidup juga sudah menerbitkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 16 Tahun 2009 tentang Kantor Peduli Lingkungan,” ucapnya.

Dinas Penerangan Jalan dan Pengelolaan Reklame (PJPR) Kota Semarang pun mulai memanfaatkan panel surya untuk penerangan lampu jalan umum. Secara bertahap penerangan jalan akan diganti dari energi listrik dengan energi terbarukan tersebut. Saat ini sudah ada puluhan penerangan jalan umum dengan panel surya.

“Penerangan jalan yang sudah menggunakan panel surya antara lain di Jalan Tentara Pelajar Semarang Selatan, Jalan Prof Hamka Ngaliyan, depan RS Karyadi, Jalan Imam Barjo, dan sejumlah jalan lainnya,” papar Kepala Dinas PJPR Kota Semarang Agus Sutyoso.

M Abduh
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9363 seconds (0.1#10.140)