Pesta Kembang Api Setara Olimpiade

Rabu, 10 Desember 2014 - 16:05 WIB
Pesta Kembang Api Setara...
Pesta Kembang Api Setara Olimpiade
A A A
PALEMBANG - Setelah sukses menggelar MTQ Internasional dan Festival Film Indonesia (FFI) 2014 baru–baru ini, Palembang, Sumsel kembali dikunjungi tamu dari berbagai negara.

ASEAN University Games (AUG) resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, diStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, malam ini. Menurut agenda yang diterima KORAN SINDO PALEMBANG, pekan olahraga mahasiswa (POM) se-ASEAN tersebut dibuka pukul 19.00 WIB, malam ini. “Untuk Wapres, juga sudah dikoordinasikan, kemungkinan besar hadir,” ujar Ketua Divisi Opening and Closing Ceremony AUG 2014 Irene Camelyn Sinaga, yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Sumsel, di Kantor Pemprov Sumsel, kemarin.

Irene menyatakan, persiapan pembukaan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring telah rampung. Menurutnya, pembukaan melibatkan sejumlah artis, band papan atas tanah air, dan 600 lebih penari kolosal. Yang menarik, pesta kem bang api yang disiapkan sama dengan yang digunakan pada Olimpiade dan Asian Games di Incheon, Korea Selatan, lalu.

Irene menjelaskan, pengamanan dan protokol telah disiapkan baik oleh TNI ataupun Polda Sumsel. Seluruh tamu wajib membawa undangan, dan masyarakat membawa tiket masuk saat masuk ke dalam venue. Selain Wapres, sejumlah menteri dan kepala lembaga tinggi negara dijadwalkan hadir. “Sementara, untuk Menpora masih menunggu konfirmasi,” sebutnya.

Sebagai tuan rumah, lanjutnya, sebanyak 3.400 undangan VIP yang juga termasuk anggota DPR RI, DPRD kota/kabupaten se-Sumsel, Bupati/Walikota se-Sumsel, Gubernur se-Indonesia, duta besar negara sahabat, pejabat lembaga tinggi negara, dan tokoh masyarakat pun disiapkan hadir untuk menghadiri acara ini.

Tak hanya itu, telah disiapkan 17.000 lembar tiket untuk masyarakat Sumsel, maupun pelancong dari luar kota yang hen dak menyaksikan pembukaan gelaran olahraga mahasiswa terbesar di Asia Tenggara ini. “Untuk kapan dan bagaimana cara masyarakat untuk mendapat kan tiket itu, silakan datang ke Unsri. Mereka yang memfasilitasi pem bagian tiket,” kata dia.

Open gate dijadwalkan pada pukul 15.00 WIB. Pra opening akan dimeriahkan oleh beberapa pertunjukan seni lokal dan padu an suara. Pembuatan panggung, lighting, rigging dan persiapan pertunjukan kembang api serta laser telah pada tahap akhir persiapan. Menurutnya, dalam upacara pembukaan, akan dimeriahkan teknolgi sinar laser untuk penyalaan obor. Selain itu, di sekeliling stadion dipasang kembang api.

Sementara, Koreografer Opening - Closing AUG 2014 Denny Malik menambahkan, para penari kolosal yang terdiri dari pelajar dan ma hasiswa se-Palembang ini nantinya akan menampilkan enam jenis tarian kolosal nusantara. “Tidak semua tari tradisional kita tampilkan. Hanya diwakilkan dari beberapa daerah. Beberapa di antaranya adalah tarian khas Sumsel, Bali, Sumbar, Sulsel, Kalimantan, Jatim, dan Papua,” paparnya.

Awalnya,ada 1.050 penari yang akan ditampilkan. Namun,setelah proses seleksi menjadi 750 penari, terdiri dari 600 penari untuk opening dan 250 penari untuk closing.Tarian akan diiringi dengan musik orkestra dan musik pop.

“Musik yang menjadi latar penari akan diaransemen se energik mungkin dan mewujudkan semangat anak muda yang energik. Sejumlah artis mulai dari Gigi,Tulus, Marcel, Gita Gutawa dan Fitri Karlina akan diiringi oleh orkestra Otti Jamalus,” ujarnya.

Andhiko ta/M Moeslim
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9708 seconds (0.1#10.140)