Kelesuan Pasar Mulai Terasa

Selasa, 09 Desember 2014 - 09:01 WIB
Kelesuan Pasar Mulai Terasa
Kelesuan Pasar Mulai Terasa
A A A
Kelesuan pasar properti di Jabar mulai terasa. Terlihat sepinya kunjungan calon konsumen ke Jabar Property Expo 2014 di Graha Manggala Siliwangi 29 November-7 Desember 2014.

Dampak kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga bahan bakar minyak ternyata memengaruhi pertumbuhan pasar properti. Padahal, pameran itu rutin dilakukan tiap tahun dan belum pernah sepi seperti tahun ini. Account Executive Ciptamedia Iyan Saepurohman menyebutkan, waktu penyelenggaraan pameran yang diadakan beberapa saat setelah pemerintah mengumumkan kenaikan BBM dinilai menjadi penyebabnya.

Pasalnya masyarakat menganggap harga properti ikut-ikutan naik. ”Respons pasar menurun, pengunjung yang hadir berkurang dari pameran sebelumnya,” kata Iyan saat ditemui KORAN SINDO beberapa waktu lalu. Padahal semua pengembang yang ikut pameran masih berpacu pada harga lama. Bukan hanya itu, banyak developer yang menyiapkan berbagai promo akhir tahun kepada para pengunjung.

”Sebenarnya BBM naik tapi para developer ini masih menggunakan harga lama bahkan mereka juga banyak memberikan spesial promo. Soalnya pameran ini memang sudah disiapkan jauh-jauh sebelum kenaikan BBM itu,” jelas Iyan. Meski padar sepi, Iyan optimistis hasil pamerannya mampu mencapai target yang telah ditetapkan hingga hari terakhir nanti.

Adapun target yang ditetapkan penyelenggara adalah transaksi mencapai Rp50 miliar.􀀀 Iyan menambahkan, meski kegiatan itu sepi pengunjung namun grafik transaksi terus meningkat dari hari ke hari. Menurut Iyan, Jabar Property Expo 2014 merupakan yang ketiga kalinya diadakan pada tahun 2014. Diikuti oleh 40 tenant yang terdiri dari developer apartemen dan perumahan, serta merek furnitur dari berbagai kawasan di Jawa Barat.

”Kali ini ada pengembang di kawasan Cirebon, Bekasi, dan beberapa kawasan lain di Jawa Barat. Tapi mayoritas masih pengembang di kawasan Bandung Raya,”ujarnya.

Heru Muthahari
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7585 seconds (0.1#10.140)