Pesawat Charlie Terbakar di Lanud Adisutjipto h

Jum'at, 05 Desember 2014 - 10:14 WIB
Pesawat Charlie Terbakar di Lanud Adisutjipto h
Pesawat Charlie Terbakar di Lanud Adisutjipto h
A A A
SLEMAN - Pesawat latih jenis T-34 Charlie dengan Nomor LD- 34XY milik Sekbang TNI AU Adisutjipto terperosok dan terbakar di landasan Adisutijipto setelah mengalami trouble engine yaitu fire detector light menyala pada pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya pesawat dengan penumpang satu pilot dan siswa konversi ini akan segera melaksanakan landing (request direct landing) ini melapor ke Tower Base Ops Lanud Adisutjipto yang kemudian dilanjutkan dengan menginstruksikan berita pesawat tersebut melaksanakan pendaratan dengan melaporkan ke Kadisops dan Danlanud Adisutjipto.

Ada pemberitahuan itu, jajaran Lanud Adisutjipto segera siap siaga sesuai bidangnya masing-masing. Pada pukul 09.27 WIB akhirnya pesawat mendarat dengan mesin terbakar dan terperosok di sebelah utara landasan. Pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) Bandara, Paskhas dan ambulans serta tim Recovery Skadik 102, Base Rescue Lanud Adisutjipto segera menyelamatkan penerbang dan pesawat.

Peristiwa tersebut terekam dalam simulasi penyelamatan kecelakaan penerbangan atau Crash Rescue Team di lanud setempat, kemarin. Selain untuk memberikan bekal, kegiatan tersebut juga untuk memberikan pemahaman, terutama dalam penyelamatan kebakaran pesawat dan awak pesawat.

Kepala Seksi Operasi dan Latian Lanud Adisutjipto Mayor Pnb HS Romas menjelaskan selain untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman bagi jajaran Lanud Adisutjipto. Terutama terhadap pelaksanaan penanggulangan kebakaran pesawat terbang dan penyelamatan awak pesawat. “Dari latihan ini anggota diharapkan terlatih, baik dalam penggunaan peralatan maupun penyelamatan dalam kecelakaan penerbangan sesuai prosedur,” ucap Romas.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong Allo menambahkan, simulasi Crash Rescue Team tersebut diawaki pilot Mayor Pnb Dody Supriyanto dan siswa oleh Mayor Pnb Urip Widodo.

Priyo Setyawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8209 seconds (0.1#10.140)