Konsumsi Ikan Masyarakat Bandung Barat Rendah

Rabu, 03 Desember 2014 - 10:43 WIB
Konsumsi Ikan Masyarakat Bandung Barat Rendah
Konsumsi Ikan Masyarakat Bandung Barat Rendah
A A A
BANDUNG BARAT - Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Bandung Barat masih rendah. Padahal di wilayah ini terdapat sentra produksi ikan besar yang berada di Waduk Saguling dan Waduk Cirata.

Kondisi tersebut diakui oleh Bupati Bandung Barat Abu bakar. Menurutnya kondisi ini merupakan tantangan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk terlibat dalam peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Melalui momentum peringatan Hari Ikan Nasional, dia mengajak semua pemangku kebijakan di tingkat kecamatan dan desa, para kepala sekolah, ibu - ibu rumah tangga, untuk turut andil dalam peningkatan asupan gizi yang baik bagi masyarakat.

“Harus dibiasakan mulai dari anak-anak untuk mengonsumsi ikan bukan jenis makanan instan,” ucapnya. Abubakar menyatakan dalam hal ini peran para pembudidaya ikan juga diperlukan. Mereka jangan hanya berorientasi bisnis dan sisi ekonomisnya saja tanpa memikirkan bagaimana peningkatakan nilai produksi. Pihaknya juga mengimbau ke para pembudidaya untuk menyisihkan hasil produksinya sebesar 2,5% dari hasil produksi lalu didistribusikan ke pondok-pondok pesantren dan anak-anak sekolah.

“Sisi ekonomis sifatnya sesaat, tapi membiasakan anak-anak untuk mengonsumsi ikan merupakan investasi jangka panjang untuk melahirkan generasi unggulan,” kata Abubakar.

Raden Bagja Mulyana
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5204 seconds (0.1#10.140)