Peringati HIV/AIDS, Aktivis HTI Kecam Program Kondomisasi

Minggu, 30 November 2014 - 18:15 WIB
Peringati HIV/AIDS, Aktivis HTI Kecam Program Kondomisasi
Peringati HIV/AIDS, Aktivis HTI Kecam Program Kondomisasi
A A A
MAKASSAR - Peringatan hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada setiap 1 Desember, diwarnai aksi unjukrasa puluhan aktivis Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), di bawah jembatan layang Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam aksinya, mereka menolak kebijakan pemberian kondomisasi terhadap kaum remaja, karena dinilai akan memberikan peluang untuk melakukan seks bebas.

Selain melakukan orasi, aktivis HTI yang terdiri dari mahasiswa ini juga membawa spanduk, dan poster bertuliskan penolakan terhadap kebijakan kementerian kesehatan terhadap kondomisasi untuk remaja.

"Ini hanya akan memberikan peluang terhadap kaum remaja untuk melakukan hubungan seks bebas di luar nikah. Kebijakan ini juga akan menimbulkan banyak kasus-kasus aborsi di Indonesia," ujar Heri Fandi, Koordinator Aksi Mahasiswa, Minggu (30/11/2014).

Ditambahkan dia, jika kemudian pemerintah menghentikan aborsi, kondom harusnya dijual terhadap warga yang telah menikah.

"Kondomisasi tidak memberikan solusi dalam menyelesaikan akar masalah penularan virus HIV/AIDS. Malah menimbulkan masalah baru, yakni pergaulan seks bebas semakin marak di kalangan remaja," terangnya.

Aksi yang berlangsung sekira tiga jam berlangsung tertib dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Usai berorasi, mahasiswa membubarkan diri.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5839 seconds (0.1#10.140)