Tas Kulit Sapi Bikin Jatuh Hati

Jum'at, 28 November 2014 - 12:59 WIB
Tas Kulit Sapi Bikin Jatuh Hati
Tas Kulit Sapi Bikin Jatuh Hati
A A A
KULIT sapi adalah salah satu komoditas yang banyak dieksplorasi menjadi berbagai produk kerajinan. Dengan metode handmade, kini kulit sapi sukses disulap menjadi beragam tas dengan model dan gaya yang tak kalah eksklusif.

Kenes Leather Bag adalah salah satu brand lokal yang banyak memasarkan produk tas dari kulit sapi. Bekerjasama dengan para perajin, brand ini terus memperkenalkan aneka tas berkualitas dari satu kota ke kota yang lain di Indonesia. Bukan hanya konsumen dalam negeri, konsumen asing pun banyak yang jatuh hati dengan tas kulit sapi karya anak negeri ini.

“Semua koleksi tas dari Kenes Leather Bag merupakan karya kreatif dari para perajin lokal serta ahli semak kulit berpengalaman. Khususnya dari wilayah Yogyakarta, Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya,” ujar Doni Hardianto dari Kenes Leather Bag, Doni Hardianto, disela-sela kegiatan pameran produk yang digelar di atrium mal Palembang Square (PS), kemarin. Doni mengatakan, ada beragam jenis dan model tas yang ditawarkan oleh Kenes Leather Bag.

Namun, secara khusus brand ini lebih banyak bermain dengan desain vintage–klasik dan etnik. Kesan vintage, terlihat jelas pada tas selempang (sling bag) kecil dengan desain postman yang berbentuk persegi dengan kantung kecil pada bagian depan. Sebagai pengaman, tas ini dilengkapi dengan dua pengait pada sisi kiri dan kanan. Begitupula dengan sling bag desain polos berwarna cokelat muda. Tetap dengan tampilan ala vintage yang kaku, tas dengan satu ruang ini memiliki penutup kancing magnet.

Untuk ukuran yang lebih besar, lanjut Doni, desain masih serupa,namun ditampilkan dengan kesan yang lebih eksklusif. Hal ini terlihat pada berwarna cokelat muda dengan desain dua kantung pada bagian depan serta tiga pengait dari logam berwarna kuning keemasan sebagai pengaman. Sementara, tiga lapisan kulit yang membentuk garis pada bagian penutup seakan menambah nilai eleganitas dari tasini.

Tak jauh berbeda dengan tas bergaya sama yang memadukan dua warna cokelat tua yang mewah. “Kesan vintage yang mahal juga kami tampilkan pada tas koper yang besar. Detail garis-garis dari lapisan kulit seakan memberikan kesan kokoh dan mewah. Sementara, logam-logam membentuk paku dan pengait memenuhi sisi-sisi tertentu pada tas. Melihat koper ini, Anda akan membayangkannya milik seorang bangsawan kaya pada zaman dahulu,” terang Doni.

Doni mengungkapkan, kesan klasik terlihat pada handbag berwarna cokelat tua. Bergaya simpel dan elegan handbag ini mengedepankan detail motif floral yang menyatu pada kulit. Sementara, kesan klasik yang lebih berani dituangkan pada handbag dari kulit sapi natural (kulit sapi yang berbulu) dengan penambahan animal printing seperti motif leopard, sedangkan untuk desain bergaya etnik, diaplikasikan pada tas dengan model anyaman yang begitu cantik.

Tak hanya menawarkan warna natural, namun tas anyaman ini juga didesain dengan warna-warni yang cerah. Pilihan lain, Anda bisa mendapatkan tas bergaya etnik melalui paduan bahan kulit dengan kain-kain tradisional seperti songket Bali ataupun kain batik. Selain tas, lanjut Doni, Kenes Leather Bag juga memasarkan dompet,baik untuk laki-laki maupun perempuan.

“Dalam eksplorasi kulit sapi ini, para perajin juga menggunakan beragam teknik. Tak hanya natural ataupun polos, namun mereka juga bermain dengan struktur dan corak yang beragam. Mulai dari emboss (motif pada bentuk permukaan) hingga finishing warna seperti merah, ungu, biru dan lain-lain,” tukas Doni.

Untuk semua koleksi tas, kata Doni, Kenes Leather Bag menjual dengan harga mulai dari Rp200.000- 1,5 juta,sedangkan tas mulai dari Rp150.000-200.000,” ucap dia.

Febria Astuti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5646 seconds (0.1#10.140)