Jurnalis Kota Yogyakarta Kenali Persenjataan TNI

Kamis, 27 November 2014 - 12:33 WIB
Jurnalis Kota Yogyakarta Kenali Persenjataan TNI
Jurnalis Kota Yogyakarta Kenali Persenjataan TNI
A A A
YOGYAKARTA - Belasan jurnalis Kota Yogyakarta mengikuti kegiatan pengenalan senjata TNI AD dengan latihan tembak semester II di Lapangan Tembak Korem, kemarin.

Jurnalis diperkenalkan persenjataan TNI seperti Senapan Serbu (SS) 1 dan FN. Tak hanya itu, jurnalis diberi kesempatan mencoba persenjataan tersebut. Latihan menggunakan pistol dilakukan pada jarak 25 meter dengan bimbingan instruktur dari Kodim, sedangkan laras panjang dilakukan pada jarak 100 meter.

Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Renal Aprindo Sinaga yang memantau langsung pengenalan senjata itu mengatakan, menembak merupakan salah satu dasar keahlian dari TNI AD. Sebagai pengemban tugas menjaga kesatuan NKRI, personel TNI AD harus senantiasa memelihara skill menembak, baik dengan laras pendek maupun panjang. "Kami biasanya latihan dalam satu tahun sebanyak dua kali. Ini untuk memelihara keahlian personel dalam menembak," kata Renal, kemarin.

Menurut Renal, meski menembak merupakan keahlian mendasar, namun hal itu harus tetap dipelihara. Dia bahkan selalu mengingatkan kepada anak buahnya agar tidak sembarangan mempergunakan senjata. Renal yang belum lama menjabat Dandim 0734/Yogyakarta ini menuturkan, pada prinsipnya latihan menembak menjadi agenda rutin.

Namun, sesuai instruksi Panglima TNI, maka seluruh personel TNI dituntut harus bisa menyatu dengan masyarakat dalam komunikasi yang baik. Sebagai wujud implementasi dari instruksi komando, Renal tidak henti-hentinya merangkul seluruh anggotanya agar selalu menjadi TNI yang dicintai rakyatnya.

Hal itu bisa diwujudkan melalui kegiatan sosial masyarakat sehingga tercipta komunikasi yang baik antara aparat TNI dengan masyarakat. "Prinsipnya ketika TNI dan rakyat bersatu, segala hal bisa diatasi dengan mudah," ujarnya.

Latihan menembak personel Kodim 0734/Yogyakarta bersama jurnalis merupakan upaya meningkatkan jalinan persahabatan yang selama ini terbangun cukup baik. “Ini pengalaman pertama saya memegang senjata. Saya terkesan dan senang bisa sedikit merasakan senjata yang digunakan TNI,” ucap Gading Persada, jurnalis dari Suara Merdeka.

Sodik
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4976 seconds (0.1#10.140)