Menyelam Bersama Ikan di Umbul Ponggok

Rabu, 26 November 2014 - 13:26 WIB
Menyelam Bersama Ikan di Umbul Ponggok
Menyelam Bersama Ikan di Umbul Ponggok
A A A
KLATEN - Aktivitas snorkeling (selam permukaan) lazimnya dilakukan di perairan laut dangkal yang jernih, namun di Kabupaten Klaten aktivitas melihat pemandangan bawah air ini bisa dilakukan di kolam air tawar.

Hal ini menjadi aset wisata potensial bagi masyarakat setempat. Snorkeling air tawar itu bertempat di Umbul Ponggok, yang berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Dalam acara press tour Dinbudpar Jawa Tengah Selasa (19/11) lalu, KORAN SINDO berkesempatan menikmati snorkeling di tempat itu. Dari luar, kolam air terlihat seperti pemandian pada umumnya. Yang membedakan adalah kejernihan dan sumber air yang langsung menyembur dari tengah kolam.

Kolam air yang memiliki luas sekitar 3.000 meter persegi dengan kedalaman 1,5–5 meter ini menawarkan bukan saja tempat pemandian umum, namun juga pemandangan bawah air yang memesona. Dasar Umbul Ponggok yang terdiri dari pasir dan bebatuan membuat airnya tetap jernih, meski banyak masyarakat dan wisatawan yang berenang. Wisatawan dapat berenang di air yang sangat jernih bersama ikan-ikan air tawar yang hidup bebas di dalamnya.

Melihat ikan-ikan berbagai ukuran dan warna, seperti bawal hitam, mas, koi, serta nila dari jarak yang sangat dekat sungguh pemandangan yang sangat menarik. Untuk menikmati pemandangan bawah air di Umbul Ponggok, wisatawan cukup membeli tiket masuk seharga Rp4.000, kemudian sewa peralatan snorkel Rp10.000, dan pelampung Rp15.000.

Bagi yang ingin mengabadikan diri di dalam air dan tidak membawa peralatan kamera bawah air, pengelola juga menyediakan persewaan kamera under water per jamnya Rp100.000. Salah seorang wisatawan dari Semarang Rachmawati mengaku sebelumnya tak percaya jika di Klaten ada tempat yang bisa digunakan untuk aktivitas snorkeling. Namun setelah datang dan membuktikan sendiri ia baru percaya.

“Selain kolam utama yang memiliki panjang kurang lebih 75 meter dan lebar 40 meter, di Umbul Ponggok kini juga sudah ada fasilitas kolam keceh untuk anak-anak. Ini untuk menarik wisatawan agar lebih banyak lagi yang berkunjung ke sini,” papar salah seorang pengelola, Suwito .

Arif Nugroho
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4080 seconds (0.1#10.140)