Bus AKAP Terguling, 40 Penumpang Selamat

Kamis, 20 November 2014 - 14:06 WIB
Bus AKAP Terguling, 40 Penumpang Selamat
Bus AKAP Terguling, 40 Penumpang Selamat
A A A
KULONPROGO - Sebuah bus ang kutan kota antarprovinsi (AKAP) PO Harum Prima terguling di areal persawahan di Jalan Raya Yogyakarta–Wates KM 27 di wilayah Kedungsari Pengasih, Kulonprogo, kemarin malam.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namun 40 orang penumpangnya terluka dan dilarikan ke RSUD Wates. Bus malang dengan nopol Z 7537 TB yang dikemudikan Heru Uju Jahara warga Garut, Jawa Ba rat ini masih teronggok di areal persawahan dan menjadi ton tonan warga. Musibah kecelakaan ini bermula saat bus Harum Prima yang melaju dari arah Yogyakarta menuju Wates dengan kecepatan tinggi.

Bus jurusan Bandung–Madiun–Ponorogo ini, bermaksud mendahului sebuah kendaraan yang ada di depannya. Pada saat bersamaan, dari arah barat meluncur bus PO Mulyo AA 1454 DD yang di kemudikan Epong Kunto Wibowo. Karena jarak terlalu dekat, pengemudi bus Harum mencoba membanting setir ke kiri dan menabrak pohon kelapa hingga roboh. Bus ini juga menabrak pembatas jalan sebelum terjun dan terguling di persawahan.

“Bus Harum dan Mulyo, sempat serempetan di bagian depan. Kemudian bus Harum oleng ke kiri dan terguling di sawah,” ujar Purwanto, salah seorang warga yang melihat kejadian. Lokasi kejadian yang gelap, mem buat proses evakuasi penumpang agak lama. Apalagi, disekitar lokasi kejadian juga cukup jauh dari pemukiman penduduk. Namun, banyak warga be r datangan dan menolong kor ban, meski harus hujan-hujanan.

Sejumlah penumpang ter paksa dievakuasi menggunakan kendaraan milik Polres Ku lonprogo dan Kodim 0731 Kulonprogo. Setidaknya ada tujuh penumpang yang lukanya cukup serius. Sedangkan lainnya hanya mengalami luka lecet dan luka ringan.

Kuntadi
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6371 seconds (0.1#10.140)