Gempa Bumi di Manado Potensi Tsunami

Sabtu, 15 November 2014 - 12:01 WIB
Gempa Bumi di Manado Potensi Tsunami
Gempa Bumi di Manado Potensi Tsunami
A A A
MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Sulawesi Utara (Sulut) mengimbau warga untuk berhati-hati, dan mempersiapkan kemungkinan terburuk dari gempa bumi yang terjadi hari ini.

"Selain Halamahera dan Kepualuan Sula, Malut siaga tsunami. Sebagian besar wilayah Sulut juga berpotensi," tulis petugas BMKG dalam lamannya, Sabtu (15/11/2014).

Laman itu menambahkan, tidak hanya di Manado, namun beberapa daerah lainnya seperti Kepulauan Sanghie, Minsel, Minut, Kepulauan Talaud, Minasel, dan Bolsel, juga rawan terjadi tsunami.

"Lokasi northern molucca sea atau 137 km barat laut Halmahera Barat, 148 km tenggara Siau Tagulanddng Biara, Sulut, 153 km timur laut Bitung, Sulut, 184 km barat Sofifi Maluku Utara, dan 2361 km timur laut Jakarta Indonesia," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Gempa bumi mengguncang Kota Manado. Seluruh warga panik, dan lari berhamburan ke luar rumah, maupun tempat kerja mereka. Arus kendaraan pun berhenti mendadak di tengah jalan.

Sopir dan para penumpang lari mencari tempat jauh dari bangunan tinggi. Gempa bumi yang mengguncang hari ini, jauh lebih besar dari gempa yang sebelumnya terjadi. Hal ini membuat warga panik, bahkan sejumlah orang tampak histeris.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5058 seconds (0.1#10.140)