Kapolda Datang, Layanan SIM Terganggu

Kamis, 13 November 2014 - 12:20 WIB
Kapolda Datang, Layanan SIM Terganggu
Kapolda Datang, Layanan SIM Terganggu
A A A
DELISERDANG - Kunjungan Kapolda Sumut, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, di Mapolres Deliserdang, Jalan Sudirman, Lubukpakam, kemarin, ternyata membuat pelayanan masyarakat seperti pembuatan surat izin mengemudi (SIM) terganggu.

Selain itu pengaduan di sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) juga mengalami hal yang sama. “Tadi pagi bukanya pukul 09.00–10.00 WIB saja, cuma satu jam pelayanannya. Setelah itu enggak boleh daftar untuk mengurus SIM, sudah ditutup, disuruh datang besok lagi. Kami ini mengantre untuk tahap selanjutnya, tadi pagi sudah daftar,” ujar Reza, 34, warga Lubukpakam yang ingin mengurus pembuatan SIM saat ditemui di Satlantas Polres Deliserdang.

Kedatangan kapolda juga membuat tempat ujian praktik sepeda motor berubah jadi lahan parkir. Sedangkan tempat ujian mobil berubah jadi lokasi teratak acara inti kedatangan kapolda. Selain itu, di SPKT menjadi tidak ada warga yang mengadu. Situasi di Polres Deliserdang dari sejak pagi memang sudah disterilkan dan dijaga ketat. Jadi, masyarakat yang ingin melapor atau mengurus SIM enggan untuk masuk.

“Iya memang sepertinya agak berlebihan. Soalnya selama saya jadi polisi, belum pernah sampai seperti ini (penyambutannya). Tapi ya namanya juga pimpinan, harus disiapkan jauh-jauh hari,” beber salah seorang pejabat di Markas Polres Deliserdang yang enggan disebutkan namanya. Sementara kedatangan Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo telah dipersiapkan sepekan sebelumnya.

Persiapan dilakukan mulai persiapan teratak, penyetelan situasi, dan pembersihan barang bukti hingga sampah disisihkan dari tempat biasanya. Jalan yang kupak-kapik pun mendadak ditambal aspal. Kapolda Sumut bersama rombongan tiba di Mapolres Deliserdangsekitarpukul13.35WIB. Kapolda Sumut Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo didampingi istrinya, Vesti, disambut dengan tari persembahan, baris berbaris polisi cilik, atraksi pramuka hingga tarian pentungan serta atraksi Pengendalian Massa (Dalmas) Antihuru-Hara Satuan Sabhara Polres Deliserdang.

Dalam sambutannya dia menuturkan kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kesiapan personil di Mapolres Deliserdang dalam menghadapi situasi kriminalitas. “Polisi itu pengayom dan pelayan masyarakat. Jadi kita harus menyiapkan diri dulu, baru dapat melayani masyarakat,” ucapnya.

Di akhir kunker, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo diberikan kenang- kenangan berupa hasil panen Kabupaten Deliserdang oleh Bupati Ashari Tambunan serta cenderamata dari Kapolres Deliserdang, AKBP M Edy Faryadi. Mantan gubernur Akpol ini juga sempat menyumbangkan suara emasnya dengan menyanyikan dua lagu, lagu Melayu dan lagu Batak.

M andi yusri
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5463 seconds (0.1#10.140)