Pimpinan DPRD Medan Dilantik

Selasa, 11 November 2014 - 13:06 WIB
Pimpinan DPRD Medan Dilantik
Pimpinan DPRD Medan Dilantik
A A A
MEDAN - Pimpinan DPRD Medan definitif periode 2014-2019 resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Surya Perdamaian dalam sidang paripurna DPRD Medan, Senin (10/11).

Pimpinan dewan tersebut, yakni Hendry Jhon Hutagalung (ketua), Iswanda Nanda Ramli, Ihwan Ritonga, dan Burhanuddin Sitepu (wakil ketua). Pelantikan keempat pimpinan Dewan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho No 188.44/962/KPTS/Tahun 2014 tertanggal 3 November 2014. Pelantikan itu juga diwarnai dengan penyerahan palu dari pimpinan sementara Iswanda Nanda Ramli kepada Hendry Jhon Hutagalung.

Dalam sambutannya, Hendri Jhon Hutagalung mengucapkan terima kasih kepada semua pimpinan partai politik yang telah memberikan dukungan dan kepercayaannya kepada seluruh pimpinan dewan untuk memimpin DPRD Medan lima tahun ke depan. Dia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemko Medan yang telah memfasilitasi proses administrasi surat keputusan kepada gubernur.

Berdasarkan filosofinya, anggota DPRD sama dan sejajar dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, yakni fungsi anggaran, fungsi legislasi, dan fungsi pengawasan. “Semua ini akan lebih baik dengan dukungan semua elemen masyarakat Kota Medan,” ungkapnya. Karena itu, dia mengajak semua elemen dan lapisan masyarakat untuk saling bahu membahu dalam menyukseskan pembangunan di Kota Medan. Sementara itu, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang telah dilantik.

Dirinya yakin dan percaya pimpinan yang kolektif dan kolegial akan semakin produktif dan optimal dalam menjalankan tupoksi pada masa mendatang. Eldin juga mengharapkan agar tidak terlalu lama membentuk alat kelengkapan Dewan. “Saya juga yakin dan percaya fungsi kemitraan antara eksekutif dan legislatif yang terjalin dan terbina selama ini akan semakin sinergis dan produktif. Kebersamaan akan mendorong kemajuan kota yang semakin optimal sesuai dengan harapan masyarakat,” ungkapnya.

Selang beberapa jam seusai sidang paripurna pelantikan pimpinan DPRD Medan periode 2014-2019 dilanjutkan dengan pemilihan alat kelengkapan dewan, yakni pembentukan komisi-komisi. Dalam pembentukan itu terpilih Ketua Komisi A DPRD Medan Ratna Sitepu dari Fraksi Hanura dan Ketua Komisi B Irsal Fikri dari PPP.

Sementara Komisi C dijabat Salman Alfarisi dari PKS dan Komisi D dijabat Ahmad Arief dari Fraksi PAN. Ketua Komisi C Salman Alfarisi mengungkapkan, pihaknya segera menggelar rapat komisi menentukan langkah kerja ke depan.

Reza shahab
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7988 seconds (0.1#10.140)