PERSIB Lumpuhan Bandung

Senin, 10 November 2014 - 16:19 WIB
PERSIB Lumpuhan Bandung
PERSIB Lumpuhan Bandung
A A A
BANDUNG - Euforia pesta kemenangan Persib Bandung terus berlanjut hingga kemarin. Masyarakat Kota Bandung dan bobotoh turun ke jalan merayakan kemenangan Persib menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

Ratusan ribu warga Kota Bandung tumpah ruah di sejumlah jalan protokol. Mereka sangat antusias untuk melihat dari dekat piala ISL 2014 yang di bawa para pemain Persib Bandung. Tidak heran, lalu lintas di Kota Bandung lumpuh total.

Bobotoh dari seluruh Bandung Raya dan berbagai daerah di Jawa Barat hadir dan ikut mengawal pesta kemenangan tersebut. Berdasarkan pantauan KORAN SINDO, kemacetan lalu lintas sudah mulai terjadi sejak siang. Para pendukung tim Maung Bandung terlihat berkumpul di sejumlah jalur yang rencananya akan dilalui tim Persib Bandung. Bahkan, ribuan bobtoh dan warga telahterlihat me nunggu di kawasan Lapangan Gasibu, yang dijadikan lokasi Pesta Rakyat menyambut rombongan konvoi para pemain Persib.

Padahal, agenda arak-arakan pemain Persib baru berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB dari halaman Mapolda Jabar menuju Bundaran Cibiru, Ujung Berung, Cicaheum, Jalan A Yani, Kosambi, Jalan Sunda, Sumbawa, Aceh, Banda, dan berakhir di Gedung Sate.

Arak-arakan para pemain Persib itu menggunakan dua bus wisata, Bandros. Dalam arak-arakan itu, para pemain memperlihatkan piala ISL 2014 kepada masyarakat Kota Bandung dari atas bus Bandros. Rombongan terlihat dikawal oleh sejumlah mobil polisi, komunitas bermotor Harley dan Brotherhood.

Padatnya warga yang sangat antusias menyaksikan rombongan pemain Persib itu membuat lalu lintas tak terkendali. Sejumlah kendaraan yang melin tas di rute rombongan hanya bisa bersabar bersama ribuan bobotoh dan warga yang sudah menunggu di pinggir jalan.

Bahkan, Wali Kota Ridwan Kamil rela berjalan kaki 4 kilo meter dari rumah dinas menuju Gasibu tempat pesta rakyat digelar. Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil terlihat berjalan kaki ditemani istrinya, Atalia Kamil dan anak. Rombongan kecil tersebut melintasi kawasan Cikapundung Timur, Braga, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Jawa, Jalan Sumbawa, Jalan Lombok, lalu masuk Gedung Sate melalui belakang. Dari situ, mereka ke bagian depan Gedung Sate.

Jarak antara rumah dinas dan Gasibu sekitar 4 km. Di Gasibu, Emil langsung menuju panggung selebar 6 meter yang sudah disiapkan se - be lumnya. Ia duduk di atas panggung bersama manajemen Persib dan tamu undangan. Sekitar pukul 19.15 WIB, rombongan pawai mulai terlihat mun cul dari halaman depan Gedung Sate. Mereka disambut meriah ribuan warga.

Di kawasan Lapangan Gasibu lautan manusia dengan kaos biru sudah memadati lokasi. Ratusan ribu punggawa Persib sudah tidak sabar menyam but para pahlawan me - reka yang telah berjuang hingga berbuah gelar juara.

“Persib juara” teriak para bobotoh. Di pesta rakyat kemenangan Persib Bandung ini, warga sempat di hibur oleh sejumlah band, seperti Pas Band, Pemuda Harapan Bangsa, dan Kuburan.

Satu per satu punggawa Persib naik ke atas panggung. Atep; Ferdinand Sinaga, I Made Wirawan, M Ridwan, Supardi, Tantan, Vladimir Vujovic, Ahmad Jufrianto, Firman Utina, serta pemain lainnya hadir di tengahtengah ratusan ribu bobotoh. Manager Persib Bandung Umuh Muchtar, berucap syukur atas gelar juara yang berhasil diraih.

Dia berterima kasih kepada bobotohyang terus mendukung Persib di setiap pertandingan. “Penantian 19 tahun, akhirnya kita bisa juara tahun ini,” ucapnya. Di tengah-tengah kemeriahan, dia ikut prihatin kepada bo- botoh yang mengalami lukaluka, akibat aksi kekerasan dari pihak yang tidak bertangungg jawab, saat perjalanan pulang usai menyaksikan laga final Persib Vs Persipura di Stadion Gelora Jakabaring Sriwijaya, Palembang.

“Kita akan minta usut ke PSSI (Persatuan Sepak Bola Sulurh Indonesia) atas kasus ini” ujarnya. Senada dengan Umuh, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, juga bangga dan senang atas keberhasilan Persib di ISL musim ini. Selain itu,Emil juga mengajak para bobotoh, mendoakan Almarum Palima Viking Ayi Betik.”Kita doakan Almar hum Kang Ayi,” ajaknya. Dia berharap, di musim kom petisi musim depan dan mu sim-musim selanjutnya, Persib mampu memertahankan gelar juara.

“Kemenangan ini, kita harap kemenangan yang akan datang di tahun-tahun kedepan,” ucapnya. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, berjanji untuk memberi bonus kepada Tim Persib Bandung. Bonus tersebut diberikan se bagai ucapan terima kasih ke - pada tim yang mampu mengang kat nama Bandung dan Jawa Barat di pesepakbolaan nasional.

Mewakili para pemain Kap tenPersib Firman Utina berte - trima kasih kepada para bobotoh yang selalu memberi semangat pada setiap laga Persib. Du - kungan bobotoh menjadi ke - kuat an bagi para pemain untuk menampilkan permainan terbaik. “Kekompakan yang membuat kita bisa juara.

Haturnuhun bobotoh (terima kasih bobo - toh),” ucapnya. Terpisah, Kabag Ops Polres tabes Bandung, AKBP Dhafi mengakui jika jalanan Kota Ban - dung tengah dilanda kema cetan. Menurut dia, hampir se luruh jalan yang digunakan kon voi me - ng alami kemacetan luar biasa. “Ini pesta rakyat. Dari daerah juga berdatangan. Ada rasa bangga pada diri ma sya rakat,” ucapnya yang ditemui di Mapolrestabes Bandung, ke marin.

Dia mengaku, situasi ini sudah diprediksi sebelumnya. Dia mengatakan, jumlah ma - sya rakat yang datang sangat membludak. “Ini bukan lagi ribuan atau puluhan ribu. Ini seratus ribu lebih. Masyarakat juga saya lihat tidak merasa cape,” tuturnya. Kendati begitu, kata dia, polisi tetap bersiaga di beberapa ruas jalan dan titik berkumpulnya bobotoh seperti di Lapangan Gasibu.

Dia menyebutkan, sekitar 3.000 personel diturunkan di sejumlah titik yang dilalui rombongan konvoi. “Ini menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Memang ada satu dua insiden mobil plat B di goyang-goyang” katanya.

Gubrenur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, kebersamaan warga Jabar ini tak ingin hanya menggelora saat ini saja. Namun, semangat kebersamaan warga Jabar harus terpancar terus ke depan. Apalagi, kata Aher, Jabar akan menjadi tuan rumah perhelatan multi event terbesar di Indonesia, Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. “ini merupakan momentum langka, tapi jangan sampai kebersamaan ini berlangsung singkat” tegasnya.

SBY dan 40 Duta Besar Beri Ucapan Selamat

Persib Bandung mendapatkan ucapan selamat dari mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui akun Twitternya. Selain itu, prestasi Persib Bandung menjadi juara ISL 2014 juga mendapat ucapan selamat dari 40 duta besar negara sahabat Indonesia.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku, banyak menerima ucapan selamat atas prestasi Persib Bandung dari sejumlah Duta Besar. Bahkan, saat kunjungannya ke Pendopo Kota Bandung dalam rangka menjalin kerjasama investasi, para duta besar ini memberikan selamat kepada Persib.

“Selamat atas kemenangan ini (Persib). Perayaannya sangat meriah” ucap salah seorang duta besar saat disambut Wali Kota Ban dung, Ridwan Kamil (RK), ke marin. Selain itu, perwakilan duta besar yang didaulat untuk memberikan sambutanpun berkali-kali memuji perayaaan kemenangan Persib yang di sambut bukan hanya warga Kota Bandung melainkan seluruh Jawa Barat.

“Hidup Persib” kata sang duta besar mengakhiri pidatonya yang langsung disambut tepuk tangan seluruh duta besar lain. Ditemui usai acara, RK membenarkan jika dirinya mendapat banyak ucapan selamat dari duta besar yang menemuinya. “Iya mereka banyak mengucapkan selamat atas ke suksesaan Persib Bandung” jelasnya.

Sebelumnya, 40 duta besar yang menumpang dua bus besar sempat terhadang konvoi bo- botoh yang ‘membirukan’ jalan-an kota. Alhasil para duta besar itu harus berjalan kaki dari Alun-Alun Kota Bandung hing ga ke dalam Pendopo yang ber jarak sekira 100 meter. Dari pan tauan di Pendopo Kota Ban dung.

Emil Dicukur

Nazar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk mencukur rambutnya jika Persib Bandung menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2014 akhirnya dilakukan. Kemarin, orang nomor satu di Kota Bandung ini me nepati janjinya untuk mencukur rambut serta jambulnya hingga botak.

Sekitar pukul 10.30 WIB, rambut pria yang akrab disapa Emil itu dipotong. Dihalaman sekitar rumah dinasnya di Jalan Dalem Kaum, tidak hanya Emil yang memotong rambutnya.

Sejumlah pendukung Persib Bandung ikut melakukan hal yang sama. Istri Atalia Kamil dan anaknya, terlihat hadir saat menyaksikan pemotongan rambut Emil. Selain itu hadir pula Direktur Marketing PT PBB Muhamad Farhan serta Anggota DPR RI Komisi 10 Nico Siahaan. “Sokwarga dulu.

Supaya kaya di tinju, ada partai pemanasan dulu,” ujarnya. Dengan wajah tegang, Emil duduk di kursi yang akan menjadi saksi bisu perubahan gaya rambutnya. Atalia yang mengenakan baju biru dan jilbab putih, didaulat untuk mencukur rambut suaminya.

Wajahnya semakin tegang saat mesin cukur yang dipegang istri nya mulai memotong rambutnya yang mulai beruban. “Sudah cukup, serahkan sama ahlinya,” ucap Emil. Atalia pun langsung menghen tikan aktivitasnya, dan mem berikan pencukur rambut ke tukang cukur yang ada sampingnya. Sedikit demi sedikit rambut Emil dipotong. Rambut yang tadinya berjambul, kini botak, panjangnya hanya sekitar 1 centimeter.

“Nazar itu janji untuk ber buat kebaikan. Ini (cukur rambut) untuk nambahin rejeki tukang cukur” kata Ridwan Kamil. Emil mengaku, tak memperma salahkan penampilan plontos nya saat ini. Pasalnya, beberapa kali pria berkaca mata itu sering mencukur habis rambutnya.

“Saya dulu waktu haji dan umrah (plontos). Gak ada masalah, saya cepet tumbuh lagi rambutnya,” ucapnya. Selain Emil, Direktur Marketing PT PBB Muhamad Farhan, juga ikut membotaki rambutnya. Aksi membotaki rambut, sebagai ungkapan rasa syukur untuk berbuat jauh lebih baik.

Panji Qadhafi/ Agie Permadi/ Mochamad Solehudin/ CR5/sindonews/ ant
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)