Namanya Bikin Penasaran, Rasanya Kriuk Banget

Kamis, 06 November 2014 - 13:41 WIB
Namanya Bikin Penasaran, Rasanya Kriuk Banget
Namanya Bikin Penasaran, Rasanya Kriuk Banget
A A A
Bagi pencinta kuliner perlu mencoba menu andalan yang disajikan di Obyek Wisata Tirto Arum Baru Jalan Soekarno-Hatta Kabupaten Kendal. Selain memiliki nama yang unik, masakan ini juga membuat lidah ketagihan untuk menikmatinya.

Gurami Padang Pasir, mendengar namanya saja membuat penasaran untuk segera melihat bentuk sekaligus rasanya. Ya,kuliner yang terbuat dari eksplorasi ikan gurami ini diramu sedemikian rupa menjadi sajian yang memanjakan lidah dan ngangeni. Di atas piring putih, dua ikan gurami goreng dengan balutan tepung membentuk setengah lingkaran dengan kepala mendongak ke atas.

Di sisinya terdapat “pasir” yang serupa kremes, memberikan selera makan menjadi renyah dan gurih. Ditambah lagi garnis berupa irisan mentimun, bawang merah, selada, dan tomat melingkar di bibir piring. Faizin, koki Obyek Wisata Tirto Arum mengatakan untuk membuat satu porsi Gurami Padang Pasir membutuhkan waktu sekitar 25 menit. Mulai dari mengolah ikan segar, meracik bumbu, menggoreng, sampai penyajian. “Paling lama 25 menit untuk bisa disajikan ke pelanggan,” ujarnya kepada KORAN SINDO kemarin.

Ikan gurami yang sudah diolah kemudian dicelupkan ke dalam racikan bumbu terdiri atas bawang bombai, bawang putih, bawang merah, kunyit, garam, merica, air, dan cuka secukupnya sebelum akhirnya diolesi tepung dan digoreng. Setelah itu, dibuat pasir atau semacam kremes, yakni membutuhkan tepung terigu 1 ons, tepung pati ons, bawang putih 2 butir, bawang merah 1 butir, merica halus sendok teh, garam sendok teh, penyedap secukupnya, telur 1 butir, dan air.

Semuanya itu dihaluskan dan kemudian digoreng. Keistimewaan Gurami Padang Pasir ini dibanding dengan masakan gurami pada umumnya terletak pada kriuk-kriuknyasaat disantap. “Selain itu, dagingnya juga empuk, agak kenyal. Sepertinya perlu dicoba oleh penikmat kuliner,” ujarnya.

Sri Sarwo Utomo, GM Obyek Wisata Tirto Arum mengatakan, ide membuat kiliner baru pertama kali muncul karena masakan gurami di sejumlah rumah makan terkesan monoton. “Kalau tidak goreng, bakar atau asem-asem. Dari sana muncul keinginan untuk mengeksplorasi bentuk sekaligus cita rasa baru dari gurami,” ungkapnya.

Pencinta kuliner hanya perlu mengeluarkan Rp80.000 untuk bisa menikmati satu porsi Gurami Padang Pasir atau seberat 1 kilogram gurami.

Wikha Setiawan
Kendal
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6738 seconds (0.1#10.140)