662 TKI Asal Jabar Bermasalah

Rabu, 05 November 2014 - 03:55 WIB
662 TKI Asal Jabar Bermasalah
662 TKI Asal Jabar Bermasalah
A A A
SUKABUMI - Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Barat (Jabar), dalam tujuh terakhir mencapai 662 orang. Umumnya, mereka merupakan tenaga kerja yang diberangkatkan ke luar negeri melalui jalur ilegal.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) cabang Jabar Jejen Nurjanmah menerangkan, ratusan warga Sukabumi tercatat sebagai TKI bermasalah, dari jumlah TKI yang ada di Jabar.

"TKI yang banyak bermasalah berasal dari daerah yang selama ini menjadi kantong TKI, yaitu Sukabumi," kata Jejen, kepada wartawan, saat sosialisasi program penempatan TKI, Selasa (4/11/2014).

Sementara jenis permasalahan yang dihadapi para tenaga kerja tersebut, di antaranya hilang kontak, menjadi korban tindak kekerasan seksual, hingga penganiayaan.

"Potensi terjadinya permasalahan yang menimpa TKI itu terjadi mulai dari tahap penampungan, pemberangkatan hingga proses pemulangan ke tanah air," ungkapnya.

Ditambahkan dia, kebanyakan TKI bermasalah merupakan tenaga kerja yang keberangkatan, serta penempatannya dilakukan secara ilegal atau tidak terdaftar di dinas tenaga kerja asal daerahnya.

Sementara itu, Pejabat Ditjen Binapenta Kemenaker RI Budi Hidayat mengatakan, untuk menekan jumlah TKI bermasalah, pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi mengenai mekanisme pengiriman tenaga kerja di luar negeri di seluruh daerah di Indoinesia, terutama yang selama ini menjadi daerah pemasok TKI terbanyak.

"Kami harap melalui kegiatan sosialisasi ini, angka kasus TKI bermasalah semakin berkurang," tukas Budi.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)