Beasiswa Tanoto Fundation Seleksi Mahasiswa Medan

Minggu, 02 November 2014 - 14:47 WIB
Beasiswa Tanoto Fundation Seleksi Mahasiswa Medan
Beasiswa Tanoto Fundation Seleksi Mahasiswa Medan
A A A
MEDAN - Tonoto Foundation, yayasan yang fokus menanggulangi kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup, menggelar Expo National Champion Scholarship di Pendopo Universitas Sumatera Utara (USU), kemarin.

Head Of Scholarship Tanoto Fundation, Tonny Viktor, mengatakan, Expo National Champion Scholarship ini merupakan yang pertama kali digelar. Kegiatan ini bertujuan agar beasiswa yang sejak tahun 2006 mereka berikan, bisa diketahui oleh banyak siswa dan mahasiswa di Sumatera Utara (Sumut). “Kita melihat antusias pelajar sangat besar menghadiri kegiatan ini. Pekan ini (kemarin) kami gelar di Medan, sepekan lagi di Jambi, dan dua pekan kemudian digelar di Pekanbaru, Riau. Jadi, pendaftaran beasiswa ini boleh diikuti pelajar dan mahasiswa di Sumut, Jambi, dan Riau,” ungkapnya kepada wartawan di Pendopo USU Medan, kemarin.

Dia menyebutkan, tahun depan akan memberikan beasiswa 230 untuk nonikatan dinas dan 40 beasiswa untuk ikatan dinas. Beasiswa nonikatan dinas ini dibagi lagi, yakni terdiri atas 200 untuk sarjana, dan 30 untuk pascasarjana. Beasiswa ini bisa diikuti pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Mereka yang mendaftar akan diseleksi berdasarkan nilai akademis, psikotes, dan interview . Peserta yang lulus nantinya dianggap karyawan dan sudah digaransi akan dipekerjakan.

Untuk nonikatan, Tonoto Foundation bekerja sama hanya dengan sembilan universitas di Indonesia, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jambi (Unja), Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Riau (Unri), dan USU. “Sedangkan beasiswa ikatan dinas kami bekerja sama dengan 28 universitas dan khusus di Medan hanya delapan universitas.

Mereka juga boleh memilih universitas swasta, bisa di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Methodist atau Universitas HKBP Nommensen. Begitu pun jurusan, yang penting yang berhubungan dengan pertanian, kehutanan, teknik kimia, elektro, sosial, ekonomi, manajemen, akuntansi. Pokoknya cocok dengan bisnis kami,” tuturnya.

Meskipun masih terbilang lama, lanjut Tonny, pihaknya ingin memperkenalkan yayasan Tonoto Fooundation tentang visinya untuk menyejahterakan masyarakat melalui pendidikan. “Mereka bisa lihat secara online . Hari ini (kemarin) gongnya buka beasiswa, mereka bisa masukkan data pribadi dan kami akan kirimkan aplikasinya nanti. Kemudian baru kami seleksi,” ujarnya.

Deputi Program Tonoto Foundation, Margareth Ari Widowati, menambahkan, proses seleksi National Champion Scholarship ini terdiri atas tiga tahap. Pertama, Tonoto Foundation akan menyeleksi kelengkapan administrasi dan dokumen yang disyaratkan. Kedua , tes psikologi, Ketiga, interview . “Kalau ada aplikasi dengan dokumen yang tidak lengkap atau prestasi akademi pelamar yang tidak memenuhi persyaratan, secara otomatis aplikasi tersebut dinyatakan gugur,” katanya.

Sementara Pembantu Rektor (PR) III USU, Raja Bongsu Hutagalung, menyambut baik adanya Expo National Champion Scholarship yang diselenggarakan Tonoto Foundation ini. Sebab, banyak pelajar dan mahasiswa yang akan mengetahui langsung informasi tentang beasiswa dari yayasan tersebut.

Eko agustyo fb
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5168 seconds (0.1#10.140)