Olahan Sehat Serba Panggang

Jum'at, 31 Oktober 2014 - 16:28 WIB
Olahan Sehat Serba Panggang
Olahan Sehat Serba Panggang
A A A
BANDUNG - MENYANTAP makanan tidak harus karena ingin memuaskan keinginan. Pencinta kuliner mesti selektif memilih menu dan metode pengolahannya agar terhindar dari penyakit. Sajian panggang adalah contoh makanan sehat yang banyak dicari.

Pemanggangan atau roasted banyak digunakan orang di daratan Amerika. Namun metode ini kini banyak diadopsi bangsa lain karena sifatnya yang sehat. Pemanggangan biasa dilakukan pada makanan berbahan dasar unggas atau daging merah Dengan karakter rendah lemak, garam, dan rendah kalori, menu panggang cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, penyembuhan penyakit, atau bagi yang memang ingin hidup sehat.

Bagi penyuka makanan panggang Bandung tentu sudah kenal dengan tempat yang namanya Kenny Rogers Roasters. Di resto yang berasal dari Coral Spring, Florida, Amerika Serikat ini, berbagai menu dipanggang dengan bumbu istimewa, plus dukungan mesin pemanggang canggih bernama rotisserie. Di tempat inilah Anda bisa menjajal cita rasa fantastis menu utama ayam panggang. Benar saja, ketika ayam dipanggang sebagian besar lemak yang menempel di daging akan luruh.

Bagi yang memiliki kolesterol tinggi, metode ini menjadi kabar baik karena mereka bisa melahap ayam panggang tanpa dihantui rasa takut. Demikian pula dari sisi bumbu dan pematangannya. Resto ini memiliki trik khusus. “Kunci kelembutan tekstur panggang bersumber dari pemanggangannya. Ayam harus dipanggang selama satu jam lebih di dalam mesin rotisserie dengan suhu 268-279 derajat celcius. Sesuai tagline, panggang harus bebas lemak, rendah kadar garamnya, serta rendah kalori,” ujar Ajeng Dwiyatcita, Marketing Manager Kenny Rogers Restaurant Mal Paris Van Java.

Mesin rotisserie bukan sekadar mesin pemanggang biasa.Teknologi yang dibawanya akan mengurangi kadar garam dan minyak dibanding metode goreng. Alat panggangan ini diciptakan penyanyi country Kenny Rogers dan mantan Gubernur Kentucky John Y Brown Jr. “Mereka berdua suka ayam namun tak suka kandungan lemaknya yang terlampau tinggi. Akhirnya muncul inovasi ayam panggang bebas lemak dan teksturnya superempuk” kata Ajeng.

Sederet menu modifikasi panggang pun siap disantap pengunjung. Sebut saja menukenny’s chicken meal, Kenny’s chicken & porade meal, kenny’s family meal, rock n roll lite meal, rock n roll meal, red hot meal, kenny’s quarter meal ¼ , dan masih banyak lagi. Menyantap ayam panggang, terasa kurang komplet tanpa limpahan saus lada hitam. Untuk menyeimbangkan cita rasa dagingnya yang gurih, memanggangnya wajib dilumuri saus hangat lada hitam.

Selain menghangatkan tenggorokan, saus ini juga mampu menghilangkan aroma amis yang biasa muncul pada olahan daging unggas.Terlebih saat saus berpadu dengan panggang ayam yang lembut dan terasa juicydi dalam. Ayam panggang menyehatkan ini juga bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tak suka daging sapi yang cenderung keras. Hanya dengan satu irisan lembut, daging ayam sudah bisa terpotong.

“Makan roastedjangan lupakan juga pendamping macaroni cheese, mashed potato, dan coleslaw sebagai coldside dish-nya. Ada banyak pilihan menu pendamping panggang ayam, pengunjung bisa memilih sendiri hotdan coldside dish,” terang Ajeng.

Tak hanya itu saja, di tempat yang sama juga ada spicy asian salad, fresh fruit salad, mashed potato&gravy, BBQ baked bean, dan aromatic rice. Pengunjung pun bisa memilih menu pembuka dan penutup.

Dini budiman
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7923 seconds (0.1#10.140)