Pasar Tradisional Minim Fasilitas Damkar

Kamis, 30 Oktober 2014 - 13:24 WIB
Pasar Tradisional Minim Fasilitas Damkar
Pasar Tradisional Minim Fasilitas Damkar
A A A
BANTUL - Jumlah pasar tradisional yang memiliki fasilitas kebakaran di Kabupaten Bantul masih minim. Dari 31 pasar tradisional yang dimiliki Pemkab Bantul, baru 25% yang memiliki fasilitas pemadam kebakaran (damkar). Jumlah tersebut masih sangat minim, belum lagi pasar tradisional yang tersebar di 75 desa.

Kepala Kantor Pasar Kabupaten Bantul Hernawan Setiaji mengaku, masih minimnya pasar yang memiliki peralatan damkar. Dari 31 pasar yang dimiliki Pemkab Bantul, hanya empat pasar yaitu pasar berkapasitas besar yang sudah memiliki fasilitas pemadam yang memadai. Sisanya, hanya peralatan pemadam minimalis berupa tabung penyemprot, bahkan ada yang sama sekali belum memilikinya. “Masih minim, tetapi kami tetap berupaya agar ke depan ada lagi,” paparnya di sela-sela simulasi pemadam kebakaran para pegawai dan tenaga pengamanan pasar di Pasar Imogiri.

Hernawan mengungkapkan, peralatan damkar sangat penting karena risiko kebakaran di pasar tradisional justru lebih besar dibanding dengan gedung atau kantor lain. Dengan kemampuan yang ada, pihaknya berupaya melakukan pengadaan dan setiap pembangunan pasar yang baru, peralatan kebakaran menjadi syarat utama untuk dipenuhi.

Langkah antisipasi lain, pihaknya berupaya merelokasi kompor-kompor yang sering digunakan para pedagang memasak. Biasanya, yang menjadi penyebab utama kebakaran di pasar tradisional adalah kompor yang dimiliki pedagang. Para pedagang yang menyalakan kompor saat ini sudah dilokalisasi di tempat tertentu untuk mengurangi risiko kebakaran.

Petugas Kebersihan Pasar Pleret Bantul Romadon mengakui, pasar tempatnya sehari-hari bekerja pernah terjadi kebakaran. Penyebabnya, diduga arang yang masih menyala di tungku salah seorang penghuni pasar tersebut yang kebetulan berprofesi sebagai pedagang empek-empek.

Erfanto Linangkung
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3939 seconds (0.1#10.140)