Ratusan Personel Polresta Barelang Jalani Tes Urine

Rabu, 29 Oktober 2014 - 12:45 WIB
Ratusan Personel Polresta Barelang Jalani Tes Urine
Ratusan Personel Polresta Barelang Jalani Tes Urine
A A A
BATAM - Ratusan personel polisi di Polresta Barelang menjalani tes urine, Rabu (29/10/2014). Tes urine tersebut dilakukan sebagai upaya kepolisian dalam memberantas peredaran narkoba di Indonesia.

"Tes urine yang digelar ini merupakan komitmen polri dalam memberantas peredaran narkoba," kata Kapolresta Barelang AKBP Asep Safrudin.

Dia menuturkan, untuk memerangi pemakaian dan peredaran narkoba ini, polri terlebih dahulu memastikan di internal mereka bahwa tak ada anggota polisi yang menggunakan narkoba.

"Sesuai perintah kapolri untuk memberantas narkoba di Indonesia, kami mulai dari pemeriksaan di internal terlebih dulu," ujarnya.

Pemeriksaan tes urine dilaksanakan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama, tes dilakukan terhadap anggota Mapolresta Barelang. Selanjutnya, ke personel di polsek-polsek.

"Hari ini ada 100-an personel polisi. Kami pastikan seluruh anggota polisi di polres dan polsek-polsek akan dites urine," kata mantan kapolres Bogor ini.

Disinggung jika ada anggota yang terbukti positif menggunakan narkoba, Asep mengatakan akan memberikan sanksi tegas.

Bagi polisi yang berstatus pemakai narkoba, akan diberikan sanksi disiplin dan menjalani sidang kode etik. Hukumannya bisa berupa penundaan kenaikan pangkat dan sanksi lainnya.

"Tapi bila masuk dalam sindikat peredaran narkoba, akan kami masukkan ke pidana umum. Statusnya akan diadili seperti masyarakat umum lainnya," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0307 seconds (0.1#10.140)