Bayi Terpanggang di Box Inkubator, Ini Jawaban RS

Rabu, 29 Oktober 2014 - 09:32 WIB
Bayi Terpanggang di Box Inkubator, Ini Jawaban RS
Bayi Terpanggang di Box Inkubator, Ini Jawaban RS
A A A
MAKASSAR - Pihak Rumah Sakit Bersalin Bunda membantah pelayanan medisnya telah menyebabkan salah seorang bayi kembar siam tewas terpanggang di dalam box inkubator.

"Perawatan yang dilakukannya sudah sesuai dengan prosedur, kami tidak merawat bayi kembar siam itu di dalam inkubator, melainkan dirawat di dalam boks bayi dengan suhu panas melalui lampu lima watt yang terpasang di bawah boks bayi tersebut," kata Wira, Juru Bicara RS Bunda, kepada wartawan, Rabu (29/10/2014).

Dia menjelaskan, bayi kembar siam itu telah menjalani perawatan medis secara khusus, pada 21 Oktober hingga 23 Oktober 2014. Perawatan bayi dilakukan, karena bayi dilahirkan secara prematur.

"Bayi itu tidak dimasukkan dalam box inkubator, karena inkubator rumah sakit sendiri sedang rusak. Pihak rumah sakit merawat kedua bayi kembar siam itu, di dalam satu boks bayi atau yang disebut dengan kuff dalam istilah medis dengan empat lampu lima watt, sebagai suhu pengantar panas, dan yang digunakan hanya dua lampu," jelasnya.

Setelah menjalani penanganan khusus di dalam kuff atau di dalam boks bayi selama tiga hari, ke dua bayi kembar siam yang lahir pada pukul 08.00 Wita itu, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Ibu dan Anak, di Jalan Arief Rate.

Hingga akhirnya, salah satu di antara bayi kembar siam itu, mengembuskan nafas terakhirnya, pada Jumat 24 Oktober 2014, akibat luka bakar dibagian punggung.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8038 seconds (0.1#10.140)