Relawan Mendapat Penguatan Emosional

Selasa, 28 Oktober 2014 - 16:48 WIB
Relawan Mendapat Penguatan Emosional
Relawan Mendapat Penguatan Emosional
A A A
SLEMAN - Sekitar seratus relawan dari perwakilan komunitas di bawah Yayasan Wadah Titipan Harapan diberikan penguatan emosional di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, sejak Senin (27/10) hingga Rabu (29/ 10). Harapannya, relawan bisa makin yakin dan mantap untuk melayani, terutama kepada keluarga, serta masyarakat sekitarnya.

Dalam pembekalan yang langsung dilakukan oleh pendiri yayasan, Anie Hashim Djojohadikusumo tadi malam, para sukarelawan diminta untuk tidak mudah menyerah. Mereka dihimbau untuk saling memiliki, satu rasa dan saling membantu untuk melengkapi antar komunitas.

"Kita lakukan penambahan, pembekalan, penguatan secara emosional. Supaya semakin mantap dengan pilihan untuk melayani, terutama kepada keluarga, komunitas, maupun masyarakat sekitar. Mantap jika pekerjaan yang mereka pilih tidak salah, meski pendidikan para relawan sangat minim atau juga tinggal di tempat yang minim," kata Anie Hashim Djojohadikusumo, saat ditemui tadi malam.

Anie melanjutkan, meski dengan serba keterbatasan dalam kehidupan, namun karena adanya keyakinan tersebut maka Tuhan akan memampukannya. Selain pem berian penguatan secara emosional juga masalah finansial pun disokongnya. "Para relawan di komunitas-komunitas ini sebenarnya sudah melakukan pekerjaan ini jauh sebelum saya kenal. Kita beri tambahan finansial juga selain emosional," tuturnya.

Kinerja sukarelawan dalam komunitas ini pun saat ini juga sudah dirasakan. Salah satunya seperti di Komunitas Arsari Sekar, di Argodadi, Sedayu, Bantul. Sudah sejak 2008 lalu, komunitas dari DIY ini bergabung. "Banyak yang kita rasakan, seperti pemberdayaan pembuatan emping garut, penguatan pedagang kecil, ternak, juga sekarang sudah ada klinik kesehatan yang didirikan," kata Pendamping Komunitas, Wiji Santoso.

Ridho Hidayat
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3426 seconds (0.1#10.140)