Pedagang Demo Bupati, Dua Pasar di Manokwari Lumpuh

Senin, 27 Oktober 2014 - 12:56 WIB
Pedagang Demo Bupati, Dua Pasar di Manokwari Lumpuh
Pedagang Demo Bupati, Dua Pasar di Manokwari Lumpuh
A A A
MANOKWARI - Ratusan pedagang Pasar Wosi dan Pasar Sanggeng di Manokwari, Papua Barat menggelar demonstrasi di Kantor Bupati Manokwari. Akibatnya, dua pasar di Manokwari itu lumpuh total sejak pagi hari.

Dengan mengunakan motor, ratusan pedagang mulai bergerak menuju kantor bupati, Senin (27/10/2014) siang. Mereka membawa sejumlah pamflet dan spanduk yang mengecam Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2014 terkait harga sewa los pasar.

Sekda Manokwari FM Lalenoh yang berusaha menenangkan massa sempat diusir pedagang. Mereka hanya mau bertemu dengan bupati Manokwari yang mengeluarkan keputusan tersebut.

Saat bertemu bupati, pedagang menuntut dicabutnya Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2014. Harga sewa los pasar mencapai Rp20 juta per tahun. Sementara, harga sewa tanah mencapai Rp500 ribu per tahun yang dipatok untuk satu meja pedagang.

Menurut pedagang, harga sewa los kedua pasar tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Karena tidak puas dengan penjelasan bupati, pedagang kemudian menggelar aksi yang sama di DPRD Manokwari dengan tuntutan yang sama. Mereka mendesak pembentukan pansus untuk mengecek oknum yang bermain dalam harga sewa pasar.

Selain menggelar aksi, pedagang juga kompak menutup kedua pasar di Manokwari. Aksi ini berlangsung hingga tiga hari ke depan sambil menunggu kebijakan pemerintah daerah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0926 seconds (0.1#10.140)