Jampasnas Harus Bisa Bangun Mental dan Karakter Anak Bangsa

Sabtu, 18 Oktober 2014 - 04:04 WIB
Jampasnas Harus Bisa Bangun Mental dan Karakter Anak Bangsa
Jampasnas Harus Bisa Bangun Mental dan Karakter Anak Bangsa
A A A
SOLO - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (LHS) meminta Jambore Pasraman Nasional (Jampasnas) ke III di Hotel Lor In Solo mampu membangun mental dan karakter anak bangsa yang berbudi luhur, beretika, dan berbudaya.

"Sebagai Menteri Agama saya berharap Jambore Pasraman mampu menjadi media dalam menanamkan jiwa dan semangat kebersamaan, kepedulian, dan cinta tanah air serta semangat pengabdian kepada bangsa dan Negara," ungkap Menag.

Menurut Menang, kegiatan semacam ini sangat mendukung misi Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. Selaku Menteri Agama dirinya berharap kegiatan Pasraman hendaknya dapat sebagai tiang pancang untuk meningkatkan moral, etika, dan estetika generasi muda.

"Lebih dari itu saya juga menginginkan, kegiatan ini mampu mendorong dinamika generasi muda Hindu menjadi lebih dinamis, eksploratif dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasannya," timpalnya.

Sementara itu Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang turut hadir dalam pembukaan Jampasnas menilai kegiatan semacam ini merupakan bagian sharing pengalaman antar peserta.

"Inilah bangunan moral yang baik, yang bisa kita berikan kepada anak-anak kita. Salah satunya dengan kegiatan semacam ini," tukasnya.

Jambore Pasraman ini digelar setiap dua tahun sekali. Tahun ini adalah ke tiga kalinya Jambore Pasraman digelar. Jambore di Solo ini diikuti oleh 637 peserta dari perwakilan Pasraman di 32 provinsi.

Berbagi kegiatan lomba digelar dalam jambore ini mulai dari lomba mantra tri sandhya, lomba kramaning sembah. Kemudian lomba yoga asanas, lomba cipta lagu kreasi keagamaan hindu, lomba puisi keagamaan Hindu, lomba pantun keagamaan Hindu, pelafalan doa sehari-hari, lomba outbound dan kegiatan pembinaan serta
sarasehan.

"Kegiatan ini diharapkan memberikan pengaruh positif dalam membangun karakter generasi muda," timpal Ketua Panitia Jambore I Gede Jaman.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7124 seconds (0.1#10.140)