Kebun Binatang Mini di Blitar Memprihatinkan

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 07:35 WIB
Kebun Binatang Mini di Blitar Memprihatinkan
Kebun Binatang Mini di Blitar Memprihatinkan
A A A
BLITAR - Kondisi kebun binatang mini di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, memprihatinkan.

Soleh, salah seorang pengelola kebun binatang mini itu mengakui, jumlah satwa terus berkurang karena kasus kematian.

Untuk kebutuhan makan satwa dan perawatan, pengelola kebun binatang bergantung sepenuhnya dari penjualan tiket masuk seharga Rp2.500 per kepala.

"Kalau hari libur dan Minggu pengunjung bisa mencapai 500 orang per hari. Kalau hari biasa tidak sampai 50 orang. Jumlah pengelolanya hanya dua orang, saya dan Pak Jukri," terangnya, Kamis (16/10/2014).

Meski kini dalam keadaan yang tergolong memprihatinkan, Soleh optimistis dalam waktu dekat kebun binatang itu akan berubah lebih baik. Hal itu mengingat Pemkot Blitar telah menyetujui bantuan anggaran rehabilitasi yang diusulkan pengelola.

"Informasinya akan cair bulan ini. Besarnya berapa yang tahu Pak Jukri," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kabag Humas Pemkot Blitar Maryoto mengaku belum tahu mengenai kebun binatang mini, baik terkait status maupun dana bantuan yang akan dikucurkan pemkot.

"Saya belum tahu soal itu. Soalnya baru seminggu menjabat di humas. Coba nanti saya koordinasikan dengan dinas terkait," ujarnya singkat.

Sebelumnya, Animals Indonesia, sebuah lembaga peduli kelestarian satwa Indonesia, menuntut agar kebun binatang mini ini ditutup.

Dalam rilis media berjudul "Tutup Neraka Satwa Blitar" yang disebar melalui surat elektronik (email), Animals Indonesia telah menyurati Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Timur yang juga ditembuskan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam di Jakarta.

"Secara hukum, kebun binatang tersebut ilegal karena tidak memiliki izin sebagai Lembaga Konservasi Ex Situ," kata Elizabeth Laksmi, juru kampanye Animals Indonesia dalam pernyataannya, Kamis (16/10/2014).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7479 seconds (0.1#10.140)