Kabut Asap, Kapal Feri Kurangi Kecepatan

Minggu, 12 Oktober 2014 - 22:14 WIB
Kabut Asap, Kapal Feri Kurangi Kecepatan
Kabut Asap, Kapal Feri Kurangi Kecepatan
A A A
PALEMBANG - Kabut asap tebal juga terjadi di Perairan Sungai Musi, Palembang. Kondisi ini diakui penyedia jasa kapal cepat (feri) Bahari Ekspres karena mempengaruhi laju kapal saat berada di wilayah sungai.

Kepala Cabang Boom Baru PT Pelayaran Sakti Makmur, Hendra Gunawan menyatakan, kondisi kabut asap yang pekat lebih berpengaruh saat kapal berada di sungai, bukan di perairan laut lepas, Selat Bangka.

Kapal feri dengan rute Palembang-Pelabuhan Mentok, Provinsi Bangka Belitung lebih memperlambat laju kendaraanya saat berada di kawasan sungai.

“Tadi pagi, kapal masuk ke dermaga, tapi memang saat berada di sungai, kapal agak memperlambat laju, akibat ketebalan asap,” ujarnya.

Kondisi kabut asap juga membuat penunpang kapal feri lebih waspada. Sejak akhir September lalu, Syahbandar Palembang telah mengeluarkan kebijakan pengurangan jam operasional akibat kondisi kabut asap di Perairan Sungai Musi Palembang.

Syahbandar menyatakan Perairan Sungai Musi bahaya untuk dilayari pada waktu-waktu tertentu. Akibatnya, operasional Dermaga Boom Baru dilakukan kebijakan buka tutup. Kapal hanya dapat berangkat dalam dua hari sekali dengan rute Palembang-Bangka.

“Keputusan itu belum dicabut, karena kondisi kabut asap ternyata lebih parah. Syahbandar masih menilai kondisi perairan dalam bahaya untuk berlayar,” ungkap Kasi Keselamatan Berlayar dan Patroli Syahbandar Palembang, Rahmat Desrial.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5566 seconds (0.1#10.140)