Bandara Internasional Sepinggan Ditutup Akibat Kabut Asap

Sabtu, 11 Oktober 2014 - 13:15 WIB
Bandara Internasional...
Bandara Internasional Sepinggan Ditutup Akibat Kabut Asap
A A A
BALIKPAPAN - Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur, terpaksa ditutup sekira satu jam akibat peningkatan kepekatan kabut asap Sabtu, (11/10/2014). Akibat penutupan tersebut sejumlah jadwal keberangkatan dan kedatangan terpaksa ditunda atau dialihkan.

Communication & Legal Section Head Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Awaluddin, mengatakan penutupan bandara karena kabut asap yang sangat tebal sehingga memangkas jarak pandang. Demi keselamatan penerbangan, aktivitas bandara ditutup.

“Penutupan bandara dilakukan mulai pukul 09.00 Wita sampai 10.00 Wita,” kata Awaluddin, Sabtu (11/10/2014).
Dia menambahkan, untuk penerbangan yang tertunda keberangkatannya ada lima penerbangan dan yang dialihkan enam penerbangan. Pengalihan ini dilakukan ke Bandara Internasional Hasanuddin Makassar.

"Pada rentang wqktu itu, jarak pandang kurang dari satu kilometer. Standar penerbangan minimal 1,5 kilometer. Delay ada lima penerbangan kalau yang dialihkan ada enam penerbangan," ujarnya

Peristiwa kabut asap yang cukup pekat ini baru sekali terjadi di Bandara Sepinggan Balikpapan. Namun di beberapa daerah di Kaltim, beberapa bandara kecil maupun bandara perintis sudah mengalami gangguan sejak dua pekan terakhir.

"Sejak kabut asap melanda Balikpapan, baru kali ini terjadi penundaan dan pengalihan pesawat," katanya.
Ribuan penumpang terpaksa memadati ruang tunggu keberangkatan menunggu jadwal keberangkatan. Bahkan mereka sudah sejak pagi berada di bandara.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)