Diterjang Angin Kencang, KMP Gajah Mada Kandas

Rabu, 08 Oktober 2014 - 17:09 WIB
Diterjang Angin Kencang, KMP Gajah Mada Kandas
Diterjang Angin Kencang, KMP Gajah Mada Kandas
A A A
BANGKALAN - Sebuah Kapal Motor Penumpang (KMP) Gajah Mada kandas ketika akan sandar di Pelabuhan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Rabu (8/10/2014).

Kapal milik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) tersebut tidak mampu menahan terjangan angin sehingga kandas berjarak sekitar 20 meter dari dermaga.

Kemudian para penumpang dievakusi dengan menggunakan kapal tongkol. Sementara barang yang tidak bisa diangkut dengan kapal tongkol dibiarkan di dalam KMP Gajah Mada, seperti mobil dan sepeda motor.

Barang-barang tersebut bisa diambil saat KMP Gajah Mada sandar sekitar pukul 23.00 WIB, karena menunggu air pasang. Saat ini kondisi air masih surut sehingga kapal yang kandas tidak bisa dievakuasi.

Tak pelak, para penumpang yang mempunyai motor dan mobil menunggu di sekitar pelabuhan. Mereka tidak bisa pulang lantaran kendaraannya masih berada dalam kapal yang kandas. Mereka terpaksa menunggu hingga tengah malam nanti.

"Tadi, anginnya sangat kencang membuat kapal tidak bisa sandar, melainkan kandas ke pinggir laut. Saya bisa berada di sini (pelabuhan) karena dievakuasi dengan kapal tongkol," terang salah seorang penumpang, Siti Fatonah.

Sementara itu, Manager Operasional PT ASDP Pelabuhan Kamal, M Choiril, menyatakan, KMP Gajah Mada melaju dari Pelabuhan Ujung menuju Kamal. Tapi, karena angin sangat kencang dan arus deras, kapal tersebut akhirnya kandas ketika hendak sandar.

"Penyebabnya karena angin terlalu kencang. Penumpang yang ada di dalam kapal kandas, lalu dievakuasi dengan kapal tongkol. Namun, ada sebagian barang yang tidak bisa dievakuasi, seperti mobil dan motor," paparnya.

Dia menambahkan, diperkirakan kapal yang kandas akan bisa dievakusi nanti malam, ketika air sudah pasang. Atas kejadian ini, PT ASDP mengaku rugi hingga jutaan rupiah.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3046 seconds (0.1#10.140)